Pencarian Berita


Penerima Dana Bansos Darurat Perlu Ditambah

Penerima Dana Bansos Darurat Perlu Ditambah

Adikarya Parlemen

Jabar -- Penyaluran dana bansos yang difasilitasi oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial RI sudah dikucurkan dari tahun 2020 dengan sasaran penerima yang sudah diverifikasi oleh Kementerian Sosial RI.

Demikian juga dana bansos yang dikucurkan di tahun 2021, yang dikucurkan pada PPKM Darurat, penerima adalah mereka yang menerima bansos di tahun 2020.

Melihat kondisi sosial ekonomi yang dihadapi sebagian masyarakat dalam suasana PPKM darurat, penerima bansos harus ada penambahan dari penerima.

Hal ini, diungkapkan Anggota Fraksi PAN DPRD Jabar Dapil Kota Bekasi dan Kota Depok, Hasbullah Rahmad, dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Hasbullah, mengungkapkan dari laporan yang diterima, kuota penerima bansos PPKM darurat di Jabar saat ini mencapai 7 juta orang.

Usulan adanya penambahan penerima bansos didasarkan atas pertimbangan kondisi faktual banyaknya korban PHK baru yang untuk sementara harus dirumahkan akibat adanya pemberhentian sementara kegiatan sektor non esensial.

Sebagai gambaran saja, ribuan orang karyawan mal  dan  ribuan pedagang dalam suasana PPKM darurat , saat ini kehilangan sebagian dari pendapatannya .

Kelompok ini, perlu ada bantuan dari pemerintah, oleh karenanya bantuan seperti bansos harus juga bisa membantu mereka.

Berkenaan atas usul tersebut, Dinas Sosial di daerah baik Kabupaten/Kota maupun Provinsi harus segera melakukan verifikasi korban PHK baru atau mereka yang berhenti mencari sumber penghasilan karena terdampak oleh PPKM Darurat.

Langkah solusi dari pemerintah untuk mereka sangat ditunggu, agar kesejahteraan masyarakat terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok tidak terpuruk,  pangkas Hasbullah mengakhiri penjelasannya.(nur)