25 Jul, 2024

Mengungkap Rahasia Tidur Nyenyak: Privilege Tersembunyi Orang Kaya yang Diinginkan Semua Orang

Indofakta.com, 2024-07-10 22:32:35 WIB

Bagikan:

AS -- Tidur nyenyak adalah salah satu hal istimewa yang diinginkan hampir semua orang, selain harta kekayaan dan uang yang melimpah. Studi menunjukkan bahwa orang kaya cenderung memiliki jam tidur yang lebih cukup dibandingkan dengan mereka yang hidup di dekat atau di bawah garis kemiskinan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melakukan survei terhadap hampir 140 ribu orang dewasa di Amerika Serikat (AS) dari tahun 2011 hingga 2024 dan menemukan bahwa semakin tinggi penghasilan seseorang, semakin besar peluang mereka untuk mendapatkan waktu istirahat malam yang cukup.

Baca juga: Asah Otak Biar Gak Pelupa, Cuy!

Temuan Studi CDC

Baca juga: Manfaat Luar Biasa Telur Rebus untuk Kesehatan Wanita

Studi CDC mengungkapkan bahwa hanya 55 persen orang yang hidup di bawah garis kemiskinan yang dapat tidur tujuh hingga delapan jam per malam. Sebaliknya, bagi orang dewasa yang memiliki pendapatan 400 persen di atas ambang kemiskinan, angka tersebut meningkat menjadi 66,6 persen. Ahli tidur dari American Sleep Association (ASA), Dr. Neil Kline, menjelaskan bahwa lokasi tempat tinggal mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Orang kaya mampu membeli rumah di lingkungan yang lebih tenang, tidak padat penduduk, dan kedap suara, serta memiliki akses lebih baik ke layanan kesehatan jika mengalami gangguan tidur.

Baca juga: Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Sekolah, ini Tipsnya

Dampak Kurang Tidur pada Kesehatan

Ahli epidemiologi CDC, Lindsey Black, mengatakan bahwa kualitas tidur yang buruk berkaitan erat dengan peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung, masalah kesehatan mental seperti depresi, dan risiko kecelakaan lalu lintas. American Sleep Association (ASA) merekomendasikan agar orang dewasa tidur antara tujuh hingga delapan jam per malam. Kurang tidur dapat mengganggu fungsi tubuh secara maksimal dan memicu berbagai risiko kesehatan yang buruk.

Baca juga: Manfaat Tidur Mengenakan Kaus Kaki: Bukan Hanya Menghangatkan Kaki

Cara Memperoleh Kualitas Tidur yang Baik

ASA menyarankan beberapa cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Pertama, membuat jadwal tidur yang konsisten. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat mengurangi risiko gangguan metabolisme. Kedua, berolahraga secara teratur. Mengeluarkan banyak energi pada siang hari melalui olahraga membantu tubuh tidur lebih nyenyak di malam hari, menciptakan siklus positif bagi kualitas tidur. Terakhir, menghindari tidur siang jika memungkinkan. Tidur siang dapat mengurangi jumlah jam tidur yang diperlukan pada malam hari, membuat tubuh lebih sulit tertidur dan memicu insomnia dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Tidur nyenyak bukan hanya tentang jumlah jam tidur, tetapi juga kualitas lingkungan tidur dan kebiasaan sehari-hari. Orang kaya, dengan akses ke lingkungan yang lebih tenang dan layanan kesehatan yang lebih baik, memiliki keunggulan dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Namun, dengan mengikuti tips dari ASA, setiap orang dapat meningkatkan kualitas tidurnya dan menjaga kesehatannya secara keseluruhan. (Az)

Sumber: Centers for Disease Control and Prevention (CDC)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online