25 Jul, 2024

Waspada Efek Begadang Terhadap Kulit Wajah

Indofakta.com, 2024-07-10 22:17:53 WIB

Bagikan:

Bandung -- Budaya begadang semakin marak di kalangan anak muda, tetapi jangan lupa bahwa ada efek samping yang nyata, terutama untuk kesehatan kulit. Apa saja ya? Yuk intip jawabannya di bawah ini!

Baca juga: Asah Otak Biar Gak Pelupa, Cuy!

Muncul Jerawat

Baca juga: Manfaat Luar Biasa Telur Rebus untuk Kesehatan Wanita

Jika kamu sering begadang atau kurang tidur, hal tersebut dapat memicu stres berlebih atau kesehatan mental yang terganggu. Stres ini bisa menyebabkan peningkatan hormon kortisol dalam tubuh. Jumlah hormon kortisol yang terlalu tinggi ini dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan mudah terkena peradangan atau inflamasi. Salah satu yang paling sering terjadi adalah munculnya jerawat.

Baca juga: Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Sekolah, ini Tipsnya

Kulit Kusam

Selain menyebabkan jerawat, hormon kortisol yang berlebih tadi juga menyebabkan peradangan lain yang ditandai dengan kulit menjadi lebih kusam. Seperti dilansir dari media National Sleep Foundation, hal Ini dipengaruhi oleh ketidakseimbangan produksi kolagen serta asam hialuronat, zat alami dalam tubuh yang banyak ditemukan di kulit, mata, dan persendian, yang sebenarnya berfungsi mempertahankan kecerahan kulit. Semakin sedikit zat hialuronat yang dimiliki tubuh, maka kulit akan terlihat semakin kusam.

Baca juga: Manfaat Tidur Mengenakan Kaus Kaki: Bukan Hanya Menghangatkan Kaki

Kulit Kering

Saat tidur, organ-organ tubuh akan mengalami relaksasi. Tidak hanya itu, tubuh juga melakukan tugasnya menjaga kadar air sehingga terhindar dari dehidrasi. Maka dari itu, jika tidur dengan cukup, tubuh mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk menjaga kelembapan alami kulit dengan sendirinya. Jika begadang, tubuh kehilangan kesempatan tersebut, yang berakibat pada kulit menjadi kering.

Kantung Mata

Kurang tidur juga menyebabkan wajah menjadi kusam dan pucat. Selain itu, pembuluh darah di bawah mata akan melebar dan menghitam sehingga bagian hitam di bawah mata akan terlihat dengan jelas. Istilah ini dikenal dengan mata panda atau kantung mata. Kantung mata ini bisa mengganggu penampilan dan membuat wajah terlihat lebih tua serta lelah.

Mulai sekarang, yuk istirahat yang cukup dengan tidur 8 jam sehari. Istirahat yang cukup dapat mendatangkan banyak manfaat di kehidupan kamu. Jangan biarkan efek kurang tidur berdampak pada kulit wajah kamu yang bisa mengganggu penampilan ya. Tetap jaga kesehatan kulitmu dengan tidur yang cukup dan pola hidup sehat. (Az)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online