25 Jul, 2024

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Agar Lebih Nyenyak dan Sehat

Indofakta.com, 2024-07-10 22:04:23 WIB

Bagikan:

Bandung -- Tidur merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan kesehatan, kinerja, serta kesejahteraan kita. Namun, jika tidak memiliki kualitas tidur yang baik, masalah kesehatan bisa saja menghampiri tanpa mengenal usia. Seperti dilansir dari National Library of Medicine, beberapa penyebab umum seseorang tidak dapat tidur nyenyak antara lain serangan panik, mimpi buruk, atau kilas balik akan memori di masa lalu, gangguan tidur seperti insomnia, perasaan lelah yang tidak habis-habis, tidur berlebihan, dan konsumsi beberapa obat stimulan.

Baca juga: Asah Otak Biar Gak Pelupa, Cuy!

Tanda-tanda yang mengindikasikan kurangnya kualitas tidur termasuk kesulitan tidur, perasaan lelah yang berkepanjangan, gangguan konsentrasi, suasana hati yang buruk, dan masalah medis serius seperti obesitas serta tekanan darah tinggi. National Health Service (NHS) merekomendasikan tidur sekitar delapan jam setiap hari. The National Library of Medicine menyatakan bahwa 13–23 persen dari sepanjang waktu tidur, kita perlu mengalami tidur nyenyak. Angka itu setara dengan 62–110 menit tidur nyenyak per hari.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, ada beberapa tips yang dapat diikuti. Pertama, kurangi penggunaan lampu terang baik di kamar, layar laptop, dan handphone paling tidak satu jam sebelum tidur. Hal ini membantu tubuh lebih rileks untuk memasuki fase tidur. Kedua, konsisten dengan waktu tidur. Usahakan untuk tidur di waktu yang sama setiap harinya, termasuk di akhir pekan, untuk membangun kebiasaan yang baik bagi tubuh. Ketiga, pastikan suhu kamar sesuai. Suhu rata-rata yang tepat untuk tidur adalah sekitar 19,5 derajat Celsius.

Baca juga: Manfaat Luar Biasa Telur Rebus untuk Kesehatan Wanita

Selain itu, hindari makan besar menjelang waktu tidur. Sistem pencernaan bekerja ekstra saat tubuh seharusnya berada dalam kondisi rileks. Menghilangkan stres dengan meditasi, peregangan otot, atau perubahan gaya hidup yang dapat membantu juga sangat penting. Terakhir, konsumsi vitamin yang cukup karena kekurangan vitamin tertentu dapat membatasi tubuh dalam memproduksi hormon melatonin yang dibutuhkan untuk tidur nyenyak.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur atau merasa tidur Anda tidak berkualitas, cobalah ikuti beberapa tips di atas untuk meningkatkan kualitas tidur Anda dan mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. (Az)

Baca juga: Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Sekolah, ini Tipsnya

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online