25 Jul, 2024

Di Pilkada Serentak Ketertiban Umum Harus Tetap Dijaga

Indofakta.com, 2024-07-10 20:49:53 WIB

Bagikan:

Adikarya Parlemen

Baca juga: Perda Kepariwisataan Diharapkan Bisa Segera Diimplementasikan

Bandung -- Pelaksanaan Pilkada serentak, akan berlangsung dalam hitungan beberapa bulan ke depan. Ketertiban umum tentunya menjadi sarat mutlak yang harus dijaga.

Baca juga: Berantas Judol Implementasi Perda Ketertiban Umum Perlu Diperluas


Upaya menjaga ketertiban umum, secara teknisnya melalui regulasi berupa Perda di Jabar sudah ada. "guna mengimplementasikan ketentuan tersebut perlu terus disosialisasikan" jelas Anggota Fraksi PKS DPRD Jabar, Dapil Kabupaten Bandung, Hj. Sari Sundari, dalam keterangannya kepada media, baru-baru ini.

Baca juga: R. DHANI WIRIANATA Resmi CALON WALIKOTA BANDUNG 2024-2029

Penyelenggaraan ketertiban umum dan penyelenggaraan ketentraman, ungkap Sari diatur dalam  Perda Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

Baca juga: Legislatif Jabar Catat Persoalan Rumah Untuk Rakyat


Dalam Perda tersebut, yang memuat 21 pasal, pada prinsipnya memuat ketentuan teknis agar masyarakat bersama pemerintah mewujudkan ketertiban di berbagai segmen kehidupan.

Target atau sasaran untuk mewujudkan ketertiban umum itu, diatur dalam Pasal 11, yang salah satunya tertib keadaan bencana baik alam, non alam dan bencana sosial.

"merujuk pada pasal 11 Perda Nomor 5 Tahun 2021, tentang Perda tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat, penerapan spirit dalam Perda itu yang mengatur ruang lingkup ketertiban umum, dalam suasana Pilkada serentak yang perlu dimaksimalkan adalah penegakan tertib sosial" kata Sari.

Dalam penerapan tertib sosial ini, aparatur pemerintah perlu mengawasi seluruh kegiatan dalam Pilkada serentak mulai dari kegiatan kampanye, kegiatan pemungutan suara sampai kegiatan pasca pemungutan suara.

Penerapan Perda ini, sambung Sari harus dilakukan secara humanis dan mengedepankan pendekatan persuasif, sejalan dengan harapan ini isi dari Perda ini harus disosialisasikan kepada masyarakat secara masif.

Pilkada serentak diharapkan dapat berjalan aman dan damai dan tidak terjadi konflik di masyarakat.

Sehubungan dengan hal itu Perda tentang Ketertiban umum dan Perlindungan Masyarakat harus terus disosialisasikan ke seluruh masyarakat.

"melalui penyebarluasan Perda tentang ketertiban umum ini dalam suasana Pilkada serentak, dapat terwujud situasi kondusif sehingga tak akan ada keresahan di masyarakat" ujar Sari.

"sosialisasi itu salah satunya dilaksanakan dalam kegiatan penyebarluasan Perda" ujar.(adv)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online