25 Jul, 2024

Resensi Buku: Manajemen Portofolio dan Investasi, Karya Eduardus Tandelilin

Indofakta.com, 2024-07-10 14:39:10 WIB

Bagikan:

Yogyakarta -- Perekonomian Indonesia mengalami tantangan yang tidak mudah di tengah ekonomi global yang juga tidak menentu, untuk waktu saat ini. Namun demikian, cukup memberikan harapan karena dinamika perekonomian Indonesia masih diperhitungkan di kancah global. Salah satu yang memberikan kontribusi besar pada perekonomian negara adalah pasar modal.

Pasar modal menjadi alternatif pendanaan bagi perusahaan sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan skala yang lebih luas dan pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan perusahaan dan kemakmuran masyarakat luas, demikian yang menjadi harapan dan tujuan dari adanya pasar modal ini. Pemerintah hadir sebagai regulator yang menyediakan aturan main untuk menjembatani kepentingan para pihak terlibat dalam pasar modal antara lain perusahaan, investor, dan sekuritas. Investor diharapkan tidak hanya dari dalam negeri, melainkan juga dari luar negeri yang diharapkan akan membawa dana masuk melalui investasi yang dipilihnya.

Namun demikian, masih banyak orang yang belum paham cara berinvestasi di pasar modal, atau yang sudah melakukannya namun belum optimal, walaupun secara data, pelaku pasar modal semakin bertambah, baik perusahaan yang melantai di bursa maupun jumlah investor yang semakin bertambah.

Disadari bahwa perkembangan yang pesat dalam pasar modal belum diikuti dengan pengetahuan dan pemahaman masyarakat yang baik tentang seluk beluk investasi, instrumen investasi, tingkat risiko dan mekanisme transaksi.

Buku ini hadir memberikan solusi cerdas berinvestasi, yang membahas konsep dan teori investasi serta cara cara menerapkannya dalam berinvestasi pada berbagai instrumen investasi di pasar modal Indonesia. Buku ini membahas topik pengertian pasar modal, mekanisme perdagangan, dan instrumen investasi di pasar modal. Risiko dan return dibahas secara lengkap sebab dalam melakukan investasi diperlukan pemahaman konsep secara benar. Pembahasan selanjutnya difokuskan pada tiap-tiap instrumen investasi yang tersedia di pasar modal Indonesia. Pembahasan berbagai intrumen investasi dimulai dengan pengertian saham, mekanisme transakasi saham, dan bagaimana menilai saham. Pembahasan berikutnya adalah obligasi (bond), pengertian obligasi, fitur-fitur obligasi, dan bagaimana menilainya. Produk reksadana merupakan instrumen investasi bagi investor pemula yang dibahas dengan contoh-contoh yang mudah dimegerti pembaca. Pada bagian akhir buku ini dibahas tentang instrumen derivatif, yaitu kontrak opsi saham (option) dan instrumen bursa berjangka (futures).

Dengan gaya bahasa penulisan yang lugas dan mudah dimengerti, buku ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa, pemula yang ingin mengetahui seluk-beluk investasi, maupun praktisi pasar modal di Indonesia.

Baca juga: Hari Ketiga MPLS di SMKN 1 Kota Bandung Ditinjau

Menarik, bukan?

Bagaimana, tertarik membaca?

Baca juga: Di MPLS Tak Boleh Terjadi Kekerasan dan Perundungan

Judul buku : Manajemen Portofolio dan Investasi 
Penulis: Eduardus Tandelilin
Isi : 366 halaman 
Penerbit: Kanisius
Cetakan: I, 2024
ISBN : 978-979-21-7490-8

Oleh : Christin Natalia P. (Pegiat Literasi)

Baca juga: Kegiatan Orientasi Sekolah Jangan Ada Praktek Perundungan

Kontak Pemesanan : Wahyu 0898 8210 800

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online