25 Jul, 2024

Kebangkitan Dramatis Belanda: Menang 2-1 Atas Turki dan Melaju ke Semifinal Euro 2024

Indofakta.com, 2024-07-07 06:16:00 WIB

Bagikan:

Jerman -- Sebuah gol bunuh diri dari Mert Muldur melengkapi kebangkitan dramatis Belanda pada hari Minggu, 7 Juli 2024, saat mereka mengalahkan Turki dengan skor 2-1 untuk memastikan tiket ke semifinal Euro 2024 melawan Inggris. Sang pemain bertahan menyarangkan bola ke gawangnya sendiri di menit ke-76 di bawah tekanan Cody Gakpo saat Belanda bangkit dari penampilan buruk di babak pertama untuk memenangkan pertandingan yang penuh perjuangan dan melengkapi formasi empat besar.

Baca juga: LeBron James Dinobatkan Sebagai Pembawa Bendera Tim Putra Amerika Serikat di Olimpiade Paris

Stefan de Vrij menyamakan kedudukan hanya enam menit sebelumnya setelah Turki unggul 1-0 di babak pertama melalui sundulan Samet Akaydin di menit ke-35. Turki mendapatkan dukungan penuh dari para suporter di Olympiastadion untuk menempatkan diri mereka di jalur yang tepat untuk meraih tempat di semifinal, namun setelah berhasil menahan Belanda, mereka akhirnya menyerah pada tekanan di 20 menit terakhir.

Prancis dan Spanyol akan bertemu di semifinal lainnya pada hari Selasa sebelum Belanda menghadapi Inggris di Dortmund pada hari Rabu. "Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit, jadi saya sangat senang kami berhasil lolos," ujar pelatih Belanda, Ronald Koeman. "Ini adalah kemenangan bukan hanya karena kami mungkin tim yang lebih baik, tetapi juga karena kami menunjukkan perjuangan dan tidak menyerah."

Baca juga: Biden Berjanji untuk ''Terus Berupaya Mengakhiri Perang di Gaza''

Pertandingan perempat final akhir pekan yang diselesaikan tanpa perpanjangan waktu atau adu penalti ini juga tidak kalah dramatisnya. Gol Turki tercipta setelah keputusan aneh dari bek sayap Belanda, Denzel Dumfries, yang membiarkan tendangannya, yang jelas-jelas telah dibelokkan oleh Nathan Ake, menjadi sepak pojok, padahal ia seharusnya dapat dengan mudah menguasai bola. Bola mati yang dihasilkan awalnya berhasil dihalau namun jatuh ke pemain remaja Arda Guler yang mengirimkan umpan silang sempurna ke tiang gawang dan Akaydin menjadi yang pertama dari tiga pemain Turki yang berlari dan menyundul bola. (Az)

Sumber:https://www.reuters.com/sports/soccer/muldur-own-goal-sends-netherlands-into-euro-2024-semis-2024-07

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online