25 Jul, 2024

Bupati Samosir Lakukan Penanaman Bawang Merah Bersama Poktan Marsada Desa Sampur Toba

Indofakta.com, 2024-07-05 18:01:06 WIB

Bagikan:

Samosir -- Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST melakukan penanaman Bawang Merah varietas Batu Ijo bersama dengan baik Kelompok Tani Marsada Desa Sampur Toba, Kecamatan Harian, Jumat (5/7).

Baca juga: Pemkab Simalungun Serahkan SK Pengangkatan dan Lantik 1.162 ASN PPPK di Lingkungan Pemkab Simalungun Tahun 2024, Gelombang Ke Tiga

Secara keseluruhan, untuk Kecamatan Harian ada sebanyak 7 Ton bantuan bibit Bawang Merah bersumber dari APBD TA. 2024, dengan 10 Poktan penerima, yang salah satunya adalah Poktan Marsada dengan mendapat bantuan sebanyak 750 Kg, yang melakukan penanaman hari ini, demikian penjelasan Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom, SP, MP.

Baca juga: Sambut Hari Anak Nasional, Satgas Yonif 310/KK Peduli Generasi Emas Papua

"Bantuan ini bersifat stimulan, dengan harapan kedepan para kelompok tani bisa mandiri", terang Tumiur.

Baca juga: Ariston Tua Siauruk Mengajak Bagi yang Peduli Berbagi Air Bersih Dimusim kemarau di Samosir

Bantuan Bawang Merah ini juga diharapkan secara bertahap akan mengembalikan kejayaan Bawang Merah dari Samosir seperti dulu. "Secara bertahap juga akan kita kembangkan Bawang Merah varietas asli Samosir", kata Tumiur.

Baca juga: Disdikpora Memperingati Hari Anak Nasional Kabupaten Samosir 2024

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menyampaikan bantuan bibit Bawang Merah ini merupakan bentuk komitmen pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat petani dalam memberi stimulan.

"Saya harap juga masyarakat khususnya petani berkomitmen juga mendukung pemerintah dengan melakukan pertanaman dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat bernilai tambah dan meningkatkan perekonomian", katanya.

Bantuan Bawang Merah ini juga sekaligus sebagai upaya pemulihan pasca banjir bandang yang terjadi tahun lalu di Kenegerian Sihotang.

"Terima kasih kepada Bapak/ibu yang bersabar menunggu bantuan ini. Pasca banjir bandang lalu, kita lakukan beberapa tahapan  mulai dari evakuasi, pembersihan, pemrograman hingga upaya pemulihan salah satunya dengan pemberian bantuan ini. Melalui sinergitas, kekurangannya nanti akan kita usulkan ke Kementan, mudah-mudahan tahun ini atau paling lambat tahun depan terealisasi", tambah Bupati Vandiko.

Ketua Poktan Marsada, Jusroin Sihotang menyampaikan terimakasih kepada Bupati Samosir.

"Bantuan ini sangat bermanfaat, semoga bisa meningkatkan perekonomian kami masyarakat petani", kata Jusroin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Harian Hartopo Manik, Kepala Desa Sampur Toba Boleuson Sihotang, Pengurus dan Anggota Kelompok Tani Marsada, serta para petugas PPL.

Kegiatan yang sama juga dilakukan di Desa Unjur, Kecamatan Simanindo, pada Jumat (5/7). Bupati Samosir bersama Poktan Baringin Desa Unjur juga melakukan penanaman Bawang Merah bantuan APBD TA. 2024.

Untuk Kecamatan Simanindo ada sebanyak 1.750 Kg bantuan bibit Bawang Merah yang dibagi oleh 3 Kelompok Tani. Salah satunya Poktan Baringin, Desa Unjur dengan mendapat bantuan bibit Bawang Merah sebanyak 750 Kg.(sts)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online