25 Jul, 2024

Perlombaan Kapal Tinggi Diikuti Oleh 50 Kapal Klasik Guna Menarik Perhatian pada Kondisi Laut Baltik yang Mengkhawatirkan

Indofakta.com, 2024-07-05 13:55:04 WIB

Bagikan:

Helsinki -- Puluhan kapal layar klasik dari 13 Negara yang mengarungi Laut Baltik tiba di ibukota Finlandia pada hari Jumat di akhir putaran pertama Lomba Kapal Layar Tinggi yang dimulai di kota pelabuhan Lithuania, Klaipeda, pada akhir bulan Juni.

Baca juga: Menurut Netanyahu, Israel Akan Menjadi Sekutu Utama AS, Siapapun yang Menggantikan Biden

Kompetisi tahun ini, dengan total 50 kapal dari berbagai bentuk dan ukuran, bertemakan status lingkungan Laut Baltik yang mengkhawatirkan, yang mengalami eutrofikasi - akumulasi nutrisi yang berlebihan yang menyebabkan, di antaranya, tumbuhnya ganggang hijau-biru yang berbahaya.

Baca juga: Kamala Harris Mulai Kampanye Pencalonan Presiden 2024

" kondisi Laut Baltik tidak baik," kata CEO Annamari Arrakoski-Engardt dari John Nurminen Foundation yang berbasis di Finlandia, yang juga mendukung proyek-proyek yang melindungi lingkungan laut dangkal.

Baca juga: Oscar Piastri Cetak Kemenangan Sensasional: McLaren Dominasi GP Hungaria dengan Finis Satu-Dua

"Laut dangkal mengalami eutrofikasi dan kerusakan alam yang semakin diperparah oleh perubahan iklim. Namun, belum terlambat untuk menyelamatkan Laut Baltik dan warisannya untuk generasi mendatang," katanya.

Baca juga: Biden Mundur Dari Bursa Calon Presiden AS 2024 Setelah Terjadi Debat Sengit yang Memicu Masalah Usia

Lomba layar amal internasional ini biasanya diadakan setiap empat tahun sekali, tetapi kembali ke Laut Baltik setelah absen selama tujuh tahun karena kompetisi yang direncanakan pada tahun 2021 dibatalkan akibat pandemi COVID-19.

Menurut salah satu penyelenggara, Sail Training International, perlombaan ini bertujuan untuk mengajarkan interaksi kelompok kepada para kru muda global sekaligus melatih mereka untuk mengelola kapal-kapal layar kuno yang mengagumkan, termasuk beberapa kapal yang telah berusia lebih dari seratus tahun.

Salah satu kapal, kapal pelatihan angkatan laut Guayas, berlayar ke perairan Eropa utara dari Ekuador di Amerika Selatan.

Kompetisi 2024 berlayar di antara enam pelabuhan Laut Baltik: Helsinki, Turku dan Mariehamn di Finlandia, Tallinn di Estonia, Szczecin di Polandia, dan Klaipeda di Lituania.

Meskipun secara global laut ini termasuk laut yang kecil, Laut Baltik merupakan jalur perdagangan, transportasi penumpang dan pelayaran militer utama bagi sembilan negara di sekitarnya, termasuk Rusia, dan telah memainkan peran penting dalam sejarah Eropa utara.

"Helsinki adalah kota maritim dan Laut Baltik telah membentuk pantai selatan dan sejarah Finlandia," ujar Walikota Helsinki, Juhana Vartiainen, dalam upacara penyambutan resmi di atas kapal latih Polandia, Dar M?odzie?y.

" Jalur laut selalu menjadi hal yang sangat penting bagi perdagangan kota kami dan jalur transportasi penting menuju dunia" dari negara Nordik yang berpenduduk 5,6 juta jiwa ini, katanya.

Salah satu perubahan dari Balapan Kapal Tinggi sebelumnya adalah bahwa kapal-kapal Rusia dilarang ikut serta setelah Moskow menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Sejak Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO pada tahun 2023 dan juga tahun ini, pelabuhan utama Rusia, Sankt Peterburg dan daerah eksklave di Laut Baltik, Kaliningrad, sepenuhnya dikelilingi oleh anggota sekutu militer Barat.

Balap Kapal Tinggi 2024 akan berakhir di pelabuhan Szczecin, Polandia, dekat perbatasan Jerman pada awal Agustus. (Az)

Sumber:https://apnews.com/article/finland-baltic-sea-tall-ships-races-environment-a573f479fe5ae968786be4183

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online