25 Jul, 2024

Pemkab Simalungun Bersama Masyarakat Kecamatan Bandar Huluan Marharoan Bolon

Indofakta.com, 2024-07-04 18:15:25 WIB

Bagikan:

Simalungun -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bersama masyarakat Kecamatan Bandar Huluan, Sumut,  melaksanakan kegiatan marharoan bolon (gotong royong), Rabu (3/7/2024).

Baca juga: Pemkab Simalungun Serahkan SK Pengangkatan dan Lantik 1.162 ASN PPPK di Lingkungan Pemkab Simalungun Tahun 2024, Gelombang Ke Tiga

Giat Haroan Bolon tersebut merupakan program Pemkab Simalungun Simalungun yakni gerakan Marharoan Bolon membangun Simalungun.

Baca juga: Sambut Hari Anak Nasional, Satgas Yonif 310/KK Peduli Generasi Emas Papua

Adapun tujuan dari pelaksanaan Marharoan Bolon ini adalah untuk menjaga kebersihan lingkungan, sekaligus menumbuhkan rasa tanggung serta menumbuhkan rasa kebersamaan.

Baca juga: Ariston Tua Siauruk Mengajak Bagi yang Peduli Berbagi Air Bersih Dimusim kemarau di Samosir

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya dalam penyelenggaraan pembangunan sarana dan prasarana, baik infrastruktur, pelayanan dan kegiatan sosial lainnya, sehingga dapat mencapai daya guna dan hasil guna.

Baca juga: Disdikpora Memperingati Hari Anak Nasional Kabupaten Samosir 2024

Di Kecamatan Bandar Huluan  kegiatan Marharoan Bolon dipimpin oleh Bupati Simalungun diwakili Sekda Esron Sinaga didampingi Camat Bandar Huluan Akbar P Siregar bersama Forkopimca serta dihadiri sejumlah pimpinan perangkat daerah di jajaran Pemkab Simalungun.

Pelaksanaan kegiatan Marharoan Bolon di kecamatan Bandar Huluan dirangkai dengan acara silahturahmi antara pemerintah dan masyarakat di lapangan SD Negeri 091667 Naga Bayu Nagori Naga Jaya II.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga diwakili Sekda Esron Sinaga dalam sambutan menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Marharoan Bolon di Kecamatan Bandar Huluan.

Esron mengatakan, kegiatan Marharoan Bolon di Kecamatan Bandar Huluan sangat luar biasa mendapat dukungan dari masyarakat dan juga pihak perkebunan.

Dalam kesempatan itu, Esron berharap melalui kegiatan Marharoan Bolon dapat meningkatkan silahturahmi dan menanamkan rasa memiliki sehingga saling membenahi dan saling menjaga.

"Terima kasih kami ucapkan kepada regional II Kebun Laras, PKS Dolok Ilir, Kebun Dolok Ilir, Kebun Bridgestone, PT Sinar Tenera, RS Laras dan Kebun Regional I Bandar Betsy serta Kebun Sipef yang telah berkontribusi dalam Marharoan Bolon,"ucap Esron.

"Bupati juga berharap kepada seluruh Nagori dapat melakukan pembangunan dengan haroan bolon,"kata Esron menambahkan.

Sebelumnya, Camat Bandar Huluan Akbar P Siregar melaporkan bahwa kegiatan Marharoan Bolon dipusatkan  di wilayah pemukiman untuk membenahi infrastruktur jalan sepanjang 5,5 Km dari kantor Camat Bandar Huluan menuju Nagori Tanjung Hataran.

"Antusias dan partisipasi masyarakat sangat luar biasa dalam mendukung kegiatan Marharoan Bolon ini, dan mendapat dukungan dari pihak perkebunan yang ada di wilayah kecamatan Bandar Huluan,"kata Akbar.

Menurut Akbar, dalam kegiatan Marharoan Bolon tersebut dukungan dari pihak perkebunan PTPN IV Regional II Kebun Laras berupa bantuan alat berat yaitu bomaks dan Loder.

"Kegiatan ini juga mendukung dari PT Sifep berupa alat berat yaitu eskapator. Artinya kegiatan yang diinisiasi Bupati Simalungun ini mendapat dukung dari semua pihak termasuk masyarakat dan perusahaan yang di Kecamatan Bandar Huluan,"sebut Akbar.

Untuk perkebunan PTPN IV Regional II sendiri sangat antusias mendukung program marharoan bolon, Akbar mengatakan bahwa untuk tahun 2024 PTPN Regional II Kebun Laras, Kebun Dolok Ilir dan PKS akan memberikan bantuan melalui CSR berupa rabat beton untuk peningkatan jalan dari Simpang Mangga menuju Nagori Naga Jaya II.

"Rabat beton ini menyambung perbaikan jalan yang sudah dilakukan pengaspalan oleh Pemkab Simalungun sebelumya. Jadi pihak perkebunan pun sangat antusias mendukung program marharoan bolon ini,"ujar Akbar.

Selanjutnya Akbar mengatakan bahwa, pihak Kebun Tenera juga di Tahun 2024 ini secara bertahap akan memberikan bantuan perbaikan jalan disalah satu Nagori di wilayah Kecamatan Bandar Huluan.

"Itulah antusias mereka yang sangat mendukung Marharoan Bolon, tidak hanya masyarakat tapi juga pihak perkebunan ikut mensuport bagaimana kita sama-sama membangun Kabupaten Simalungun khususnya di Kecamatan Bandar Huluan,"sebut Akbar.

Mengakhiri laporan nya, Akbar mengatakan bahwa ditahun-tahun sebelumnya pihaknya juga telah melakukan kegiatan Marharoan Bolon sampai ke Nagori guna mengatasi infrastruktur jalan protokol bersama masyarakat dan perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Bandar Huluan.

Di acara silaturahmi Pemkab Simalungun dengan Masyarakat Kecamatan Bandar Huluan ini diwarnai dengan pemberian bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan dari Pemkab Simalungun dan dimeriahkan dengan undian lucky drow.

Selain itu, Pemkab Simalungun juga melalui Disdukcapil membuka layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat.(Harianto Girsang)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online