25 Jul, 2024

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pangdam III/Slw Lakukan Peninjauan Udara DAS Citarum

Indofakta.com, 2024-06-20 16:31:34 WIB

Bagikan:

Kabupaten Bandung -- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., bersama Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin dan Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus melakukan peninjauan udara pada rangkaian acara puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 yang diselenggarakan di Taman Icon Sektor 8 Citarum Harum Desa Nanjung Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, tanggal Kamis tanggal 20/06/2024.

Baca juga: Hingga Hari Kedelapan Ops Patuh Lodaya 2024, Polda Jabar Tindak Ribuan Pelanggar

Kegiatan diawali dengan peninjauan udara untuk melihat perkembangan kondisi lingkungan sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Rute yang diambil melewati wilayah udara Bendung Wanisagara, Cisaat, Ciparay, Sapan, Baleendah, Margahayu, Margaasih, Terowongan Nanjung dan Jembatan BBS Batujajar.

Baca juga: 425 Siswa Asal Papua bersama 653 Siswa Asal Jabar Mengikuti Pendidikan Bintara Polri Gel II. T.A 2024 di SPN Polda Jabar

Dengan mengambil tema "Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan" menjadi pengingat bahwa dalam penyelesaian masalah iklim harus dilakukan melalui berbagai karya inovatif. Termasuk dalam pemulihan lahan dapat dilakukan dengan melibatkan teknologi kreatif.

Peringatan Lingkungan Hidup Sedunia tidak hanya menjadi agenda rutin, tetapi hendaknya ada upaya nyata untuk pemulihan lingkungan setiap tahun dengan melibatkan peran aktif masyarakat luas.

Baca juga: Polisi Tangani Kecelakaan Tragis di Pamijahan Akibatkan Anak Usia 3 Tahun Meninggal Tertabrak Mobil Pick Up

"Seluruh elemen masyarakat di Jabar diharapkan dapat mengubah perilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Seberapa canggih alat pengolah sampah yang digunakan, jika masyarakat tidak mengubah pola pikir dan perilaku dalam membuang sampah akan sia-sia," Tegas Pj Gubernur.

Baca juga: Humanis, Polisi Patroli ke Terminal Berantas Premanisme

Hari Lingkungan Hidup Sedunia dijadikan pengingat untuk meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu lingkungan. Hal ini juga dapat mendorong masyarakat untuk mengambil tindakan riil melalui sebuah aksi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba Video Best Practice Pengelolaan Persampahan. Sedangkan pada lokasi acara juga digelar berbagai stand pameran tentang Environment Fair.

Pada penghujung kegiatan, Pangdam III/Slw bersama Pj Gubernur Jabar dan Kapolda Jabar melaksanakan aksi peduli lingkungan DAS Citarum dengan melakukan penanaman pohon dan penebaran benih ikan. (Y CHS/Rls-Pendam III/Siliwangi).

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online