25 Jul, 2024

Pelaksanaan Qurban Harus Tingkatkan Kesejahteraan Peternak

Indofakta.com, 2024-06-17 21:27:24 WIB

Bagikan:

Adikarya Parlemen

Baca juga: Pemberdayaan Perempuan Sinergi Dengan Kondisi Lingkungan

Bandung -- Suasana Idul Adha, ditandai dengan penyembelihan hewan qurban. Di Indonesia pada umumnya, hewan qurban itu meliputi sapi, domba/kambing dan kerbau.
Keseluruhan hewan qurban itu, dikelola oleh para peternak yang tersebar di seluruh daerah.

Baca juga: Perda Kepariwisataan Diharapkan Bisa Segera Diimplementasikan

Dalam kondisi demikian, pelaksanaan qurban tentunya harus membawa peningkatan kesejahteraan kepada peternak, dimana produk usahanya yaitu hewan ternak bisa dibeli oleh masyarakat yang menjalankan ibadah qurban.

Baca juga: Berantas Judol Implementasi Perda Ketertiban Umum Perlu Diperluas

Dalam konteks  tersebut, pelaksanaan qurban di Jabar harus bisa meningkatkan kesejahteraan bagi para peternak Jabar. Hal itu, salah satunya dilakukan dengan diutamakannya hewan qurban peternak asal Jabar untuk memenuhi kebutuhan qurban.

Hal ini, diungkapkan Anggota Komisi II DPRD Jabar, Anwar Yasin, dalam keterangannya kepada media, baru-baru ini.

Baca juga: R. DHANI WIRIANATA Resmi CALON WALIKOTA BANDUNG 2024-2029

Anwar Yasin, dalam keterangannya mengatakan dalam pelaksanaan qurban, dari tahun ke tahun kurang memberikan kesejahteraan bagi para peternak asal Jabar.

Pasalnya, banyak hewan qurban terutama sapi itu justru didatangkan dari daerah luar Jabar, diantaranya Bali, NTB, dan Jepang. Sementara sapi asal Jabar seperti Sapi Pasundan masih minim digunakan untuk Qurban.

Menurut Anwar Yasin, untuk perbaikan ke depan tentunya pemerintah harus masif memberikan himbauan kepada masyarakat agar mengutamakan hewan ternak asal Jabar untuk digunakan untuk Qurban.

Upaya memaksimalkan pemanfaatan hewan ternak asal Jabar seperti untuk kegiatan qurban, diakui masih menghadapi tantangan.

Tantangan itu berkenaan dengan kualitas hewan ternak. Sebagai gambaran saja " sapi Pasundan dari sisi ukuran lebih kecil dibandingkan sapi dari luar Jabar" jelas Anwar Yasin.

Menurut Anwar Yasin, menyikapi kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Jabar harus mulai menjajaki terobosan program untuk meningkatkan kualitas hewan ternak khususnya sapi(adv)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online