25 Jul, 2024

AS Desak Iran untuk Bekerjasama dengan Pengawas Nuklir PBB

Indofakta.com, 2024-06-15 04:40:28 WIB

Bagikan:

Washington -- Amerika Serikat mendesak Iran pada hari jumat (14/06) untuk bekerja sama dengan pengawas nuklir PBB setelah IAEA melaporkan bahwa Teheran terus mengembangkan program nuklirnya.

Baca juga: LeBron James Dinobatkan Sebagai Pembawa Bendera Tim Putra Amerika Serikat di Olimpiade Paris

"Iran harus bekerja sama dengan IAEA tanpa penundaan lebih panjang untuk sepenuhnya menerapkan kewajiban-kewajiban perlindungan yang mengikat secara hukum," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller, dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada hari Kamis mengatakan dalam sebuah laporan bahwa Iran semakin mengembangkan kapasitas nuklirnya, satu minggu setelah dewan gubernur badan tersebut mengeluarkan sebuah resolusi yang mengkritik kurangnya kerja sama dari Teheran.

Baca juga: Biden Berjanji untuk ''Terus Berupaya Mengakhiri Perang di Gaza''

Laporan tersebut menunjukkan bahwa Iran bertujuan untuk terus mengembangkan program nuklirnya "dengan berbagai cara yang sama sekali tidak memiliki tujuan damai yang kredibel," ujar Miller.

"Kami tetap berkoordinasi erat dengan para mitra dan sekutu kami dan siap untuk terus meningkatkan tekanan terhadap Iran jika ketidak- kooperatifannya dengan IAEA terus berlanjut," tambahnya. (Dirto)

Baca juga: Rusia Lakukan Latihan Peluncur Rudal Nuklir Jarak Jauh Kedua Bulan Ini

Sumber:https://www.anews.com.tr/world/2024/06/14/us-urges-iran-to-cooperate-with-uns-nuclear-watchdog

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online