14 Jul, 2024

Membuka Cakrawala Keamanan Perusahaan, Pelatihan "CORPORATE INTELLIGENCE" Semakin Diminati

Indofakta.com, 2024-06-13 11:21:22 WIB

Bagikan:

Oleh : Dede Farhan Aulawi

Baca juga: KEAJAIBAN DUNIA PPDB: CUCI RAPORT HINGGA PEMALSUAN PRESTASI?

Perspektif disiplin ilmu intelijen saat ini bisa diimplementasikan di segala bidang, termasuk di dalam sebuah perusahaan. Fakta empirik yang tidak bisa dinafikan adalah kenyataan masih tingginya inefisiensi karena faktor FRAUD, yang sering terjadi di berbagai level korporasi. Belum lagi kemampuan untuk melakukan PENGGALANGAN terhadap masyarakat di sekitar perusahaan agar memiliki sudut pandang yang konstruktif sehingga mendukung program - program perusahaan.

Hal tersebut saya sampaikan pada saat memberikan pelatihan 'Corporate Intelligence' di perusahaan KSO PERTAMINA - FOSTER OIL & ENERGY di kawasan Cibubur Bekasi. Materi pelatihan yang disampaikan pada intinya menekankan urgensi implementasi disiplin ilmu dan keterampilan intelijen bagi suatu perusahaan.

Baca juga: IKN Konsep Perpaduan Kota Berbasis Teknologi dan Berwawasan Lingkungan

Menurut hemat saya, secara umum materi pelatihan ini memiliki 2 (dua) orientasi, yaitu :
1. PENGUATAN INTERNAL guna meningkatkan harmoni internal dalam organisasi perusahaan sehingga bisa mencegah dan / atau membongkar kemungkinan adanya FRAUD (kecurangan) yang berpotensi merugikan keuangan dan reputasi perusahaan.
2. PENGUATAN EKSTERNAL  guna meningkatkan harmoni antara perusahaan dengan masyarakat sekitar agar terjalin hubungan yang baik dan bisa turut serta menjaga keamanan perusahaan dari berbagai potensi ancaman dan gangguan.

Pembahasan selanjutnya dimulai dari pemetaan dan identifikasi potensi kerawanan, ambang batas gangguan keamanan, pengukuran tingkat akseptabilitas masyarakat sekitar terhadap keberadaan perusahaan, strategi penetrasi dan konsolidasi dalam praktek Bin-Gal, inovasi program dan kegiatan, serta praktek komsos guna meningkatkan kohesi dan investasi sosial agar kondusifitas keamanan di dalam dan luar perusahaan tetap terjaga.

Baca juga: Pusdiklat Prawita Genppari Gelar Pelatihan Adakan Asisten Pribadi Yang Profesional

Kegiatan diikuti oleh semua peserta level manager dan terbagi ke dalam 2 (dua) angkatan agar tidak menggangu operasional perusahaan. Semoga bermanfaat. Aamiin. (Y CHS).

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online