21 Jun, 2024

Anggota DPRD Meksiko yang Mendukung Partai Claudia Sheinbaum Ditembak Mati di Luar Rumahnya

Indofakta.com, 2024-06-10 17:32:10 WIB

Bagikan:

Meksiko -- Seorang anggota DPRD ditembak mati pada hari Jumat (07/06) ketika ia meninggalkan rumahnya di negara bagian selatan Guerrero, pihak berwenang dan media lokal mengatakan, menandai politisi wanita kedua yang terbunuh di Meksiko setelah Claudia Sheinbaum menjadi wanita pertama yang memenangkan kursi kepresidenan di negara tersebut minggu lalu.

Baca juga: Serbia vs Inggris: Pertarungan Seru di Grup C EURO 2024

Esmeralda Garzon, seorang anggota DPRD di kotamadya Tixtla, ditembak mati ketika ia meninggalkan rumahnya, demikian dilaporkan media setempat. Kantor jaksa agung negara bagian Guerrero mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa polisi dikirim ke tempat kejadian untuk mengumpulkan bukti dan mencari orang yang bertanggung jawab atas penembakan tersebut.

Baca juga: AS Desak Iran untuk Bekerjasama dengan Pengawas Nuklir PBB

Garzon, yang menjabat sebagai ketua komisi kesetaraan dan gender di Tixtla, telah terpilih dari Partai Revolusioner Institusional (PRI), demikian dilaporkan kantor berita Reuters. Namun, ia akhirnya mendukung partai Morena pimpinan Sheinbaum pada pemilu 2 Juni lalu, menurut unggahan di media sosial. Garzon sendiri tidak mencalonkan diri dalam pemilu tersebut.

Baca juga: Ukraina Menolak Proposal Perdamaian yang Ditawarkan Presiden Putin

Kasus pembunuhannya terjadi beberapa hari setelah walikota sebuah kota di Meksiko barat dan pengawalnya dibunuh di sebuah pusat kebugaran. Yolanda Sanchez Figueroa dibunuh hanya beberapa jam setelah Sheinbaum menjadi presiden.

Setidaknya 23 kandidat politik terbunuh saat berkampanye sebelum pemilu, menurut perhitungan statistik resmi, yang menandai pemilu paling kejam dalam sejarah modern Meksiko, menurut Reuters.

Baca juga: Analisis Pertandingan Hungaria vs Swiss di Euro 2024

Namun beberapa organisasi non-pemerintah melaporkan jumlah korban yang lebih tinggi, termasuk Data Civica, yang menghitung setidaknya 30 orang kandidat terbunuh. Jumlah korban meningkat menjadi lebih dari 50 orang jika kerabat dan korban lain dari serangan-serangan tersebut dihitung, menurut Data Civica.

Beberapa hari sebelum pemilihan, pembunuhan seorang calon walikota tertangkap kamera, sebuah pembunuhan yang terjadi hanya satu hari setelah seorang calon walikota lainnya di negara bagian Morelos, Meksiko tengah, dibunuh.

Seminggu sebelumnya, sembilan orang terbunuh dalam dua serangan terhadap calon walikota di negara bagian Chiapas, Meksiko selatan. Kedua kandidat tersebut selamat.

Bulan lalu, enam orang, termasuk seorang anak di bawah umur dan calon walikota Lucero Lopez, terbunuh dalam sebuah penyergapan setelah sebuah rapat umum dalam kampanye di kotamadya La Concordia, yang bertetangga dengan Villa Corzo.

Pada bulan April, seorang calon walikota ditembak mati hanya beberapa jam sesudah ia melakukan kampanye. (Dirto)

Sumber:https://www.cbsnews.com/news/mexico-councilwoman-killed-mexico-esmeralda-garzon-backed-claudia-shein

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online