21 Jun, 2024

Penyelenggaraan PPDB Diharapkan Lancar

Indofakta.com, 2024-06-04 12:56:34 WIB

Bagikan:

Adikarya Parlemen 

Baca juga: Pelaksanaan Qurban Harus Tingkatkan Kesejahteraan Peternak

Bandung -- Saat ini, proses PPDB tahun 2024 sudah mulai direalisasikan. Bagi pihak legislatif, pelaksanaan agenda pendidikan tahunan dapat terselenggara secara lancar, tak boleh terjadi gangguan teknis apapun alasannya.

Baca juga: Antisipasi Kasus Keracunan Makanan Pengawasan Pelaku Usaha Perlu Dimaksimalkan

Kelancaran proses PPDB ini, merupakan tuntutan mutlak karena ini sebagai sarana layanan pendidikan yang menjadi pintu terbukanya hak masyarakat dalam hal ini siswa lulusan sekolah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.
Hal ini, diungkapkan Anggota Komisi V DPRD Jabar, Heri Ukasah Sulaeman, dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Baca juga: Di RPJP Jabar Pembangunan Infrastruktur Harus Dituntaskan

Heri, dalam keterangannya mengatakan 
pada Hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, SLB Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahap 1 Tahun 2024, Dinas Pendidikan (Disdik), Jabar  sudah mengungkap adanya  gangguan sistem, di beberapa sekolah, diantaranya sekolah yang berada di Kabupaten Sumedang.

Pemberitahuan itu, dinilai merupakan adanya transparansi dalam proses PPDB ini. Ada kendala berikut beberapa opsi solusi sudah dijelaskan kepada publik.

Baca juga: Perda Kemandirian Pangan Harus Wujudkan kenyamanan Pada Masyarakat

Berbagai solusi tersebut, diyakini dapat membantu dan diharapkan dapat mengatasi kendala teknis dalam proses PPDB.

Heri, yang juga anggota Fraksi Partai Gerindra Persatuan DPRD Jabar Dapil Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang mengatakan pada prinsipnya pihak legislatif mendukung pelayanan PPDB sesuai dengan perkembangan IPTEK , ini tentunya proses penyelenggaraan secara online merupakan proses yang harus diselenggarakan secara maksimal.

Namun, Layanan offline itu harus tetap disiapkan. Pasalnya layanan ini, tetap menjadi solusi ketika layanan online ada Kendala.

Layanan PPDB secara offline, harus disiapkan terutama di wilayah yang mempunyai sekolah yang berada  di daerah -daerah pelosok.

"Jika seluruh solusi ini bisa disiapkan secara maksimal Seluruh siswa terutama lulusan SMP yang  mendaftarkan ke SMK, SMA dan SLB dapat dilayani seluruhnya ", ujar Heri.(adv)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online