14 Jul, 2024

Studi Global Mengungkap Pentingnya Senyum, Sapa, dan Salam di Tempat Kerja

Indofakta.com, 2024-06-03 06:22:15 WIB

Bagikan:

Bandung -- Sebuah penelitian internasional yang dilakukan oleh tim psikolog dan pakar Human Resources (HR) dari University of California, Berkeley, menunjukkan bahwa senyum, sapa, dan salam memiliki dampak signifikan terhadap lingkungan kerja dan produktivitas karyawan. Studi yang dipublikasikan pada Mei 2024 dalam jurnal Journal of Organizational Behavior ini mengungkapkan bahwa kebiasaan sederhana tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan, memperkuat hubungan antar rekan kerja, dan meningkatkan kinerja tim.

Baca juga: KEAJAIBAN DUNIA PPDB: CUCI RAPORT HINGGA PEMALSUAN PRESTASI?

Dr. Jennifer Lee, seorang psikolog organisasi yang memimpin penelitian ini, menjelaskan bahwa senyum, sapa, dan salam membantu menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif dan inklusif. "Ketika karyawan merasa dihargai dan disambut dengan sikap ramah, mereka cenderung lebih termotivasi dan terlibat dalam pekerjaan mereka," kata Dr. Lee. "Ini bukan hanya tentang sopan santun, tetapi juga tentang membangun budaya kerja yang mendukung dan menghargai satu sama lain."

Selain itu, Dr. Michael Thompson, seorang pakar HR dari University of Melbourne, menekankan bahwa kebiasaan ini juga dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kepuasan kerja. "Interaksi positif, seperti senyum dan sapa, berkontribusi pada suasana kerja yang lebih harmonis dan mengurangi konflik internal," ujar Dr. Thompson. "Hal ini sangat penting dalam menciptakan tim yang kohesif dan produktif."

Baca juga: IKN Konsep Perpaduan Kota Berbasis Teknologi dan Berwawasan Lingkungan

Penelitian ini melibatkan survei terhadap lebih dari 1.000 karyawan dari berbagai perusahaan di Amerika Serikat dan Australia, yang menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja di lingkungan yang ramah dan penuh senyum lebih cenderung memiliki komitmen jangka panjang terhadap perusahaan mereka. "Kebiasaan sederhana ini dapat menjadi fondasi bagi kesejahteraan jangka panjang karyawan dan kesuksesan organisasi," tambah Dr. Thompson.

Studi ini menekankan bahwa manajer dan pemimpin perusahaan harus mendorong budaya senyum, sapa, dan salam di tempat kerja. Dengan meningkatkan interaksi positif sehari-hari, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif, harmonis, dan memotivasi, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada kinerja keseluruhan perusahaan. (Dirto)

Baca juga: Pusdiklat Prawita Genppari Gelar Pelatihan Adakan Asisten Pribadi Yang Profesional

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online