14 Jul, 2024

Estote Vos Perfecti: Meraih Kesempurnaan Melalui Liturgi

Indofakta.com, 2024-05-21 15:19:01 WIB

Bagikan:

Bandung -- Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa itu liturgi dan bagaimana perannya dalam kehidupan spiritual kita? Liturgi bukan hanya serangkaian upacara atau ritus yang kita ikuti di gereja, tetapi merupakan jantung dari kehidupan iman Katolik yang mengarahkan kita pada kekudusan dan kesempurnaan. Dalam upaya untuk mengeksplorasi dan memperdalam pemahaman kita tentang liturgi, Institut Liturgi Sang Kristus Indonesia (ILSKI) bersama Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) mengundang Anda untuk bergabung dalam acara spesial bertajuk 'Estote Vos Perfecti: Meraih Kesempurnaan Melalui Liturgi'.

Baca juga: KEAJAIBAN DUNIA PPDB: CUCI RAPORT HINGGA PEMALSUAN PRESTASI?

Acara ini akan diadakan mulai hari Jumat, 7 Juni 2024 hingga Minggu, 9 Juni 2024 di Rumah Retret Pratista, Jl. Kolonel Masturi no. 591, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Dalam acara ini, Anda akan diajak menemukan kekayaan ajaran dan tradisi liturgi gereja, agar lebih mampu menghargai dan terlibat dalam perayaan liturgis. Tidak hanya itu, acara ini juga akan membantu Anda menimba sumber-sumber penghayatan iman di tengah pergulatan dunia modern.

Baca juga: IKN Konsep Perpaduan Kota Berbasis Teknologi dan Berwawasan Lingkungan

Apa Itu Liturgi?
Liturgi berasal dari bahasa Yunani ‘leitourgia’ yang berarti 'pekerjaan publik' atau 'pelayanan kepada masyarakat'. Dalam konteks Katolik, liturgi merujuk pada perayaan resmi dan publik ibadat gereja, terutama Ekaristi, sakramen-sakramen, dan doa-doa resmi lainnya. Liturgi adalah cara Gereja memuliakan Allah dan menguduskan umat-Nya. Melalui liturgi, kita diajak untuk masuk lebih dalam dalam misteri iman dan mengalami perjumpaan dengan Allah yang hidup.

Membantu Menuju Kekudusan dan Kesempurnaan
Melalui liturgi, kita dibentuk dan disucikan. Setiap tindakan, doa, dan simbol dalam liturgi memiliki makna yang mendalam dan mengarahkan kita pada pengalaman rohani yang lebih dalam. Partisipasi yang penuh, sadar, dan aktif dalam liturgi membantu kita untuk tumbuh dalam kekudusan. Liturgi bukan hanya tentang ritus eksternal, tetapi lebih pada transformasi internal yang membawa kita semakin dekat kepada kesempurnaan yang diinginkan Allah bagi setiap umat-Nya.

Baca juga: Pusdiklat Prawita Genppari Gelar Pelatihan Adakan Asisten Pribadi Yang Profesional

Mari Bergabung dalam Acara Ini!

Baca juga: Membuka Cakrawala Keamanan Perusahaan, Pelatihan "CORPORATE INTELLIGENCE" Semakin Diminati

Anda penasaran, bukan? Jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dalam acara ini dan memperkaya iman serta penghayatan spiritual Anda. Siapapun yang berminat, baik klerus maupun awam, penggiat atau pengajar liturgi, diundang untuk ikut serta. Berikut adalah topik-topik menarik yang akan dibahas beserta narasumbernya:

1. Spiritualitas Liturgis di Antara Aneka Doa dan Spiritualitas Gereja - R.P. Peter Elvin Atmaja Hidayat, OSC, STL
2. Dasar Teologis dan Biblis untuk Spiritualitas Liturgis - R.D. Dr. Thomas Kristiatmo
3. Menimba Spiritualitas Liturgis dalam Perayaan-perayaan Sakramen - R.D. Prof. Dr. Emanuel Martasudjita
4. Sabda dan Doa sebagai Sumber-sumber Spiritualitas Liturgis - R.P. Dr. Stenly Vianny Pondaag, MSC
5. Spiritualitas Hukum Liturgis Gereja Katolik Roma - R.P. Postinus Gulö, OSC, JCL
6. Pembinaan Spiritualitas Liturgis bagi Semua - R.P. Constantius Eka Wahyu Djoko Santoso, OSC, S.Ag.
7. Formasio Spiritualitas Liturgis dan Tantangan Zaman - R.D. Dr. Alfonsus Krismiyanto
8. Liturgi sebagai Sekolah Spiritualitas Gereja untuk Anak-anak - Kristofora Wiwi Daruwika Dewi, M.Psi.

Informasi Pendaftaran:
- Sekretariat CL-IX-2024, Jalan Nias No. 2, Bandung 40117 
- Email: coliturgi@gmail.com
- Formulir: http://bit.ly/CL-IX-2024
- Biaya keikutsertaan: Rp 1.200.000,- (untuk penginapan, konsumsi, ceramah, dan materi)
- Pendaftaran dan pembayaran paling lambat: 26 Mei 2024

Mari bergabung dan menjadi bagian dari komunitas yang mencari kesempurnaan melalui kekayaan liturgi Gereja Katolik. Jangan lewatkan kesempatan berharga ini untuk memperdalam iman dan spiritualitas Anda. Sampai jumpa di Rumah Retret Pratista!. (ILSKI)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online