28 Feb, 2024

Polda Sumut Turunkan 12.882 Personel Amankan Tahapan Pemungutan Suara Pemilu 2024

Indofakta.com, 2024-02-11 18:42:02 WIB

Bagikan:

MEDAN -- Dalam rangka mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 aman dan damai, Polda Sumut melepas 6.980 personel dari 12.908 personel BKO ke 13 Polres Jajaran untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS)  bertempat di lapangan Sepak Bola Mapolda Sumut, Minggu (11-02-2024). Pkl 09.00 Wib.

Baca juga: F1 Powerboat Danau Toba, Polda Sumut Rekayasa Lalulintas kota Balige

Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi kepada wartawan menjelaskan, Nantinya seluruh personil akan berada di TPS di seluruh wilayah Sumatera Utara dengan jumlah TPS 45.875 TPS Maka kita seluruh stakeholder yang didukung oleh Kodam I/BB, Satpol PP, dan seluruh stakeholder mendukung terlaksananya  pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu di sektor keamanan.

Baca juga: 1.170 Personel Gabungan Amankan Event Powerboat, 2024 Ini Penekanan Kapolda Sumut

Hari ini kita pastikan kita siap melaksanakan itu dan juga ingin saya sampaikan pergeseran pasukan ini akan berantai dari Polda ke Polres, Polres ke Polsek, Polsek kemudian ke kelurahan dan di TPS-TPS.

Baca juga: Kodam III/Slw Terima Dukungan Mesin Bor Sumur dan Ambulance

Pergeseran logistik Pemilu saya terus memantau dan itu sudah sampai di kabupaten, dan sudah digeser dari kabupaten ke Kecamatan. Ujar Kapolda Sumut.

Baca juga: Di Jabar Perlu Penambahan Lembaga Adat Desa

Logistik pemilu akan hadir dan sudah berada di TPS H-1, Kami ingin mengajak seluruh masyarakat, penyelenggaraan Pemilu sudah siap hadirilah datanglah ke TPS berbondong-bondong untuk kemudian kita menggunakan hak suara kita, kami menjamin terselenggara pemilu yang aman dan damai

Dan seluruh perangkat pengamanan akan memastikan bahwa seluruh dinamika pemilu akan kita selenggarakan dengan penuh sukacita, penuh kegembiraan dan penuh dengan kedamaian.

Harapan kita semuanya marilah masyarakat untuk menggunakan hak pilih, sekali lagi saya ingin mengingatkan itu agar kemudian terselenggaranya pemilihan yang legitimate, yang diikuti oleh masyarakat yang sebanyak-banyaknya, kita akan harapkan ini bisa berjalan sampai nanti, proses pemilihan penghitungan dan merekap hasil penghitungan di kecamatan di kabupaten sampai di tingkat provinsi

Lanjut Kapolda Sumut,, Kita memiliki 125 TPS kategori rawan karena geografis itu ada di 7 kecamatan di Nias Selatan, dan alhamdulillah sudah bergeser semuanya sudah di tingkat kecamatan hari ini, sejak tanggal 7 tanggal 8 , kemudian akan bergeser dari kecamatan ke TPS.

Mengantisipasi berbagai kendala yang kita ketahui bahwa arus gelombang laut di Kabupaten Nias Selatan cukup tinggi dan sudah diantisipasi untuk itu, kita harapkan kita semua akan siap menghadapi pergeseran logistik di tempat yang lain

Di wilayah kota Medan
Kita pastikan sampai pada H-1, karena memang geografisnya mudah dijangkau di wilayah kota ini

Kita akan memastikan sampai dengan pergeseran logistik dari TPS menuju PPK, ini dinamikanya akan bermacam-macam tapi petugas akan siap mengawal hasil pemungutan suara nanti sampai PPK ke Kabupaten ke Provinsi

Petugas akan bersiaga sampai dengan pelantikan presiden yang baru, pelantikan anggota DPR yang baru.

Kegiatan Apel ini dipimpin langsung Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi didampingi Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Pol. Rony Samtana, SIK., MTCP, Pejabat Utama (PJU) Polda Sumut diantaranya, Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Muji, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi Dll nya. Kemudian Kegiatan Apel ini juga dihadiri Pj Gubernur Sumut Hassanudin, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan, Ketua KPU Sumut, Kasat Pol PP Sumut dan Ketua Bawaslu Sumut dan undangan lainnya.(dar)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online