14 Jul, 2024

Mantap! di SMPN 1 Sidamanik Wajib Berpakaian Adat, Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke -94

Indofakta.com, 2022-10-28 18:34:37 WIB

Bagikan:

Simalungun -- Memperingati hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun, SMP Negeri 1 Sidamanik melaksanakan upacara penaikan bendera dengan berpakaian adat istiadat yang beraneka ragam, di Kelurahan Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Jumat (28/10/2022), sekira pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Sekolah Vokasi Variabel Penting Tingkatkan Kemampuan SDM

Semua guru, Pegawai Tata Usaha (TU) diwajibkan memakai Pakaian adat yang merupakan ciri kas daerah masing masing guru dan pegawai TU.

Baca juga: Kasus Flu Burung Keempat pada Pekerja Ternak di Colorado

Pembina upacara, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sidamanik, Alimuda P.L.Tobing, S.Pd tampak gagah menghormat bendera merah putih dan membacakan pidato berjudul "Langgengkan Persatuan, Hentikan Perpecahan".

Baca juga: Bey Machmudin Ungkap Siswa Dianulir dari PPDB

Usai upacara, Alimuda Tobing saat diwawancarai mengatakan siswa dan guru memakai pakaian adat tersebut untuk mengingatkan makna semboyan bangsa Indonesia.

"Alasan memakai pakaian adat itu merupakan motivasi untuk menunjukkan bahwa didalam keanekaragaman suku bangsa, agama, ras, kita dapat bersatu didalam satu keluarga besar Bangsa Indonesia dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda beda tetap satu jua. Kita beraneka ragam suku budaya, agama tetapi kita satu tidak ada perpecahan,"terangnya.

Baca juga: Tes Kemampuan Prestasi Calon Peserta Didik Tahap II Mulai Digelar

Lanjut Alimuda Tobing berharap dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda, siswa SMP Negeri 1 Sidamanik nantinya dapat menjadi pelopor pemersatu bangsa dan andil membangun kejayaan Negara Indonesia.

"Harapan saya, para generasi muda, para siswa SMP Negeri 1 Sidamanik dapat mengingat perjuangan Pemuda untuk bersatu 94 tahun yang lalu, sehingga kelak siswa sebagai generasi muda dapat menjadi pelopor Pemersatu bangsa yang terdiri dari berbagai perbedaan untuk membangun kejayaan Negara Indonesia,"pungkasnya.

Untuk memeriahkan kegiatan, setelah upacara, SMP Negeri 1 Sidamanik juga mengadakan berbagai kegiatan yaitu lomba memasak, fashion Show dan kreatifitas siswa.

Ketua Panitia Perlombaan, Aprianti Damanik,S.Pd, para Juri Perlombaan Guru Guru SMP Negeri 1 Sidamanik diketuai Jonly Caris Saragih, S.Pd tampak serius memperhatikan perlombaan tersebut.

Mulai upacara penaikan bendera sampai berakhirnya kegiatan perlombaan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun yang dihadiri oleh ketua Komite Sekolah, Patner Sitanggang S.Pd itu berjalan penuh kegembiraan dan rasa persaudaraan. (Harianto Girsang)

Bagikan:

© 2024 Copyright: Indofakta Online