Fri,24 November 2017


Pagelaran Budaya Pesisir Kembali Digelar

Indofakta 2016-08-13 10:21:33 Infotainment
Pagelaran Budaya Pesisir Kembali Digelar

CIREBON KOTA-Pagelaran budaya pesisir di wilayah Jabar yang dikemas dalam kegiatan Gotrasawala kembali digelar di Goa Sunyaragi Kota Cirebon. Kegiatan tersebut, merupakan even tahun keempat yangdibuka Wagub Jabar, H.Deddy Mizwar,Jum’at malam (12/8).

Pagelaran tersebut mengundang antusias dari warga,masyarakat dan tokoh budaya.

Wagub, dalam kegiatan tersebut memaparkan Gotrasawala yang sudah  dilaksanakan 4 tahun terakhir sudah menemukan bentuk kegiatanyaitu festival dan seminar yang menekankan seni budaya pesisir Jabar dalam perspektif sejarah, masa kini dan masa depan.

Gotrasawala  merupaka momentum untuk mengingatkan perjalanan historis  di Cirebon pada abad ke-17, Pangeran Wangsakerta sudah memiliki pemikiran jauh ke depan yang terwujud dalam “Gotrasawala” yaitu pertemuan para sejarahwan, budayawan dan agamawan tingkat internasional, dimana selama 22 tahun membahas secara serius kontruksi sejarah raja-raja nusantara.

Adapun musik wilayahpesisir akan ditampilkan dalam gotrawala tahun2016 yaitu musik reggae yang terkenal di Cirebon yaitu”Another Proect”

Seminar dalam kegiatanGotrasawala akan juga berlangsung dengan masalah yang dibahas seni pesisir kontemporer serta membahas  prospek kesenian Cirebon baik nasional maupun internasional.

Diharapkan, ujar Wagub dengan Gotrasawala dapat terwujud pemeliharaan budaya sehingga budaya daerah tidak punah serta diharapkan Cirebon menjadi pusat budaya. (Nur)

Berita Terkait