Sat,23 September 2017


Polisi himbau warga yang tengah bermain Pokemon Go

Indofakta 2016-07-28 05:04:37 Iptek
Polisi himbau warga yang tengah bermain Pokemon Go

TASIKMALAYA - Pokemon Go, game augmented reality buatan Niantic Inc. dan Nintendo yang sedang tren di kalangan masyarakat, ternyata mendapat perhatian dari pihak kepolisian.

Pasalnya, banyak pemberitaan di media asing yang menyoroti beberapa kasus kecelakaan lalu lintas dan tindak kejahatan akibat mewabahnya permainan Pokemon Go di luar negeri.

Babin Kamtibnas Polsek Cigudeag Poltes Tasikmalaya Kota melakukan himbauwan kepad para remaja yang  tengah melakulan permainan pokrmon go di kawasan jalan dadaha,Garawangi dan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya Jawa Barat.

Ivan warga Cikonaeng yang tengah melakukan permainan games itu di kawasan Komplek olahraga mengukapakan saat di tanya petugas kepolisian ia sengaja datang dari cikoneng dengan bebereapa orang reknya mencari moster pokemon go, ia beralasan karena di tempat seperti ini banyak monster pokemon ujarnya.

Kapolsek Cihideng Polres Tasikmalaya Kota Kompol Setiyana SH.Msi  mengimbau agar warga Kota Tasikmalaya  yang memainkan game ini tidak membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain terutama ketika mengendarai kendaraan di jalan raya.

"Diimbau kepada masyarakat yang bermain Pokemon Go, jangan mencari Pokemon sambil mengemudi. Jangan kalau tiba-tiba ada pokemon di pinggir jalan, berhenti mendadak. Atau berhenti di tepi jalan yang dipasangi rambu dilarang stop," kata Setiyana di Mako Polsek Cihideng Rabu(27/7/2016) Malam.

Dia juga menyarankan agar warga yang tengah mengendarai kendaraannya tidak memainkan game Pokemon Go ini. Hal itu untuk mengantisipasi adanya kecelakaan lalu lintas dan agar tidak mengundang tindak kejahatan.

"Jangan sampai kita asyik mengejar Pokemon, malah jadi petaka. Kita asyik main handphone di jalan, malah jadi bahaya buat diri sendiri. Kalau ada lubang, kendaraan, bersenggolan dengan pejalan lain atau malah kita dicopet," kata dia.

Setiyana menerangkan bahayanya jika warga yang sedang menyetir kendaraannya sambil bermain game Pokemon Go karena game ini memanfaatkan fitur GPS yang dimiliki tiap smartphone untuk melacak keberadaan Pokemon.

"Permainan Pokemon ini kan menggunakan GPS, menangkap pokemon dengan map. Permainan ini menggerakan kita mencari Pokemon di mana pokemon berada. Misalnya saat di jalan atau lagi macet atau ada pengguna jalan lainnya," Ujarnya.(Andri)

 

Berita Terkait