Wed,20 September 2017


KEMERIAHAN FESTIVAL BALAYAH LANTING DI KEC. DELANG KAB.LAMAMDAU 2016

Indofakta 2016-07-25 14:03:21 Infotainment
KEMERIAHAN FESTIVAL BALAYAH LANTING DI KEC. DELANG KAB.LAMAMDAU 2016

LAMANDAU - Festival Balayah Lanting merupakan Festival yang diadakan setahun sekali yang dilaksanakan di kelurahan/desa wisata yang ada di kabupaten Lamandau. Dan saat ini festival balayah lanting dilaksanakan di kecamatan delang kabupaten Lamandau propinsi Kalimantan tengah.

Festival balayah lanting diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Seni dan budaya kabupaten Lamandau Minggu 24 Juli 2016 di kecamatan delang. Peserta Festival balayah lanting dilepaskan oleh staf ahli Bupati bpk. Leo Ijon mewakili Bupati kabupaten Lamandau.

Dalam sambutannya mengatakan, bahwa khususnya pemerintah kabupaten Lamandau sangat mendukung kegiatan festival ini karena dapat melestarikan budaya masyarakat agar bisa di jaga, juga meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga meningkatkan tujuan wisata agar wisata dapat dikenal secara luas.

Salah satu panitia festival balayah lanting bpk. Rodis Hendi,S.Pd mengatakan semua peserta festival balayah lanting terdiri dari semua desa wisata di kecamatan delang yaitu ada 11 desa dan seluruh SKPD pemerintah kabupaten Lamandau. Sedangkan untuk starnya dari topin balai kelurahan kudangan serta finisnya di desa nyalang.

Dikatakan juga belayah lanting adalah berakit menyusuri sungai menggunakan rakit terbuat dari bambu, yang pada zaman dahulu di gunakan oleh masyarakat setempat untuk memberikan sorah (persembahan) berupa hasil panen kepada Raja.
 

Tujuan festival ini untuk melestarikan budaya lokal, memperkenalkan wisata balayah lanting,
meningkatkan tujuan wisata serta meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain wisata balayah lanting masih banyak lagi wisata lainnya yang ada di kabupaten Lamandau.(WK/VN/LMD)

Berita Terkait