Sun,19 November 2017


Wakil Bupati Cianjur tinjau Pekan Imunisasi (PIN) Polio 2016

Indofakta 2016-03-08 12:32:25 Kesehatan
Wakil Bupati Cianjur tinjau Pekan Imunisasi (PIN) Polio 2016
CIANJUR - Hari ini tanggal 8 - 15 maret 2016 Kementerian Kesehatan bersama seluruh  dinas kesehatan seluruh Indonesia melaksanakan Pekan Imunisasi (PIN) Polio 2016 yaitu program pemberian imunisasi polio kepada seluruh balita yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan balita terhadap penyakit polio. 

Hal tersebut  dikatakan Wakil Bupati Cianjur dr. H. Suranto, MM., sesaat setelah berikan tiga tetes vaksin kepada beberapa balita di posyandu Dahlia VI jalan Mangkupraja  kampung Cikukulu desa Nagrak kecamatan Cianjur. (08/03)

Didampingi bidan puskesmas, wakil bupati cianjur meninjau juga kondisi kesehatan ibu dan anak yang berbondong-bondong mendatangi posyandu yang diketuai Yosi Rosita. “ World Health Organization (WHO) pun telah menyatakan Indonesia sebagai negara bebas polio pada tahun 2014, namun lanjutnya, imunisasi polio tetap diberikan sebagai antisipasi agar tidak terjadi penyebaran dari negara tetangga yang masih banyak di dapati kasus polio, “ tuturnya.

Imunisasi dasar ini sebuah upaya kesehatan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya suatu penyakit dalam tubuh, caranya adalah dengan memberikan vaksin ke dalam tubuh manusia untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Imunisasi polio dalam PIN 2016 dapat diperoleh gratis di seluruh posyandu, puskesdes, puskesmas dan rumah sakit pemerintah di seluruh Indonesia, "pungkasnya.

Yossy menerangkan, hari pertama sudah lebih dari 150 balita usia 0 sampai 59 bulan telah mendapatkan vaksin. “ posyandu kami telah buka sejak pukul 7:30 pagi tadi, ini dijadikan dasar mengantisipasi para ibu yang mempunyai aktivitas lain, sehingga anak balita mereka memperoleh vaksin imunisasi polio, “ ujar ketua posyandu Dhalia.

Seperti yang telah kita ketahui bersama penyakit polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio.Secara klinis penyakit polio di derita anak di bawah umur 15 tahun yang menderita lumpuh layu akut.


Program pemberian imunisasi dasar polio juga masih wajib diberikan sebagai bentuk komitmen pemerintah Indonesia untuk mewujudkan dunia bebas polio pada tahun 2020. (hms/ifo)

Berita Terkait