Pencarian Berita


Di Kabupaten Bekasi Infrastruktur Desa Harus Dituntaskan

Di Kabupaten Bekasi Infrastruktur Desa Harus Dituntaskan

Adikarya parlemen

Jabar -- Dalam reses ke-tiga tahun sidang 2022, aspirasi yang muncul di Kabupaten Bekasi, diantaranya tuntutan perbaikan infrastruktur sebagai sarana aksesibilitas yang menghubungkan desa ke desa, desa ke kota serta desa untuk menghubungkan ke area pusat pertumbuhan ekonomi.

Aspirasi yang diperoleh dalam reses ini, sudah sepantasnya harus menjadi diakomodir oleh Pemerintah Provinsi bisa itu diakomodir melalui bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jabar ke Pemkab Bekasi atau diakomodir dalam program -program penguatan pembangunan desa yang selama ini disiapkan dalam program unggulan di DPMD Jabar.

Hal ini, diungkapkan Anggota Fraksi Partai Gerindra Persatuan DPRD Jabar Dapil Kabupaten Bekasi, H. Syahrir, SE, M.Ipol, dalam keterangannya kepada indofakta, Kamis (28/7).

Syahrir, dalam keterangannya mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi Jabar melalui DPMD Jabar mempunyai program prioritas, salah satunya program gerakan membangun desa (gerbang desa).

Untuk mewujudkan program itu, harapannya bisa menghadirkan solusi yaitu "kualitas pembangunan desa kian membaik". Adapun indikator kian membaik ini, tentunya disesuaikan dengan persoalan di masing-masing desa.

Aspirasi yang muncul di beberapa desa di Kabupaten Bekasi yang menuntut perbaikan infrastruktur desa, ini harus menjadi fokus kegiatan dalam mengimplementasikan program gerakan membangun desa.

Jika aspirasi perihal infrastruktur desa di kabupaten Bekasi, terang Syahrir bisa diakomodir secara maksimal, dapat meningkatkan strata desa, setidaknya jumlah desa mandiri akan bertambah.

Merujuk kepada data yang dihimpun dari DPMD Jabar, di tahun 2021, untuk kondisi strata  desa di , Kabupaten Bekasi , desa mandiri baru mencapai 25 persen. Selebihnya merupakan desa maju dan desa berkembang.

Dengan memperhatikan data itu, perlu ada stimulus pembangunan agar jumlah desa mandiri bisa bertambah.

Stimulus yang harus diberikan, harus disesuaikan dengan aspirasi di masyarakat. Dari temuan aspirasi di reses, desa di Kabupaten Bekasi perlu difasilitasi dengan pembangunan jalan ke desa.

Fasilitasi yang bisa diberikan, ujar Syahrir bisa perbaikan jalan desa atau pembukaan jalan baru.(nur)