Pencarian Berita


Keberpihakan Pada Sekolah Swasta Perlu Ada Pemantapan

Keberpihakan Pada Sekolah Swasta Perlu Ada Pemantapan

Adikarya parlemen

Jabar -- Untuk meningkatkan Angka Partisipasi Belajar di jenjang SMA/SMK dengan salah satu sasaran peningkatan wajar dikdas 12 tahun sudah saatnya ada peningkatan penguatan dukungan program untuk sekolah swasta baik SMK maupun SMA.

Apalagi semangat pendidikan yang disaat ini didengungkan oleh pemerintah adalah "belajar sama baik Negeri maupun swasta'.

Spirit tersebut berimplikasi pada kewajiban pemerintah untuk memperluas dukungan  program dan kegiatan di sekolah swasta.

Hal ini, diungkapkan Anggota Komisi V DPRD Jabar, Heri Ukasah Sulaeman, dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Heri, yang juga anggota Fraksi Partai Gerindra Persatuan DPRD Jabar Dapil Sumedang, Majalengka dan Subang mengatakan kondisi faktual untuk memperkuat sekolah swasta sangatlah realistis.

Faktanya, dari hasil reses  yang dijaring di Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang, dukungan sarana dan prasarana untuk sekolah Negeri sudah mulai terealisasi naik melalui pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) maupun Unit Sekolah Baru (USB).

Ketercapaian hal ini, berimplikasi agar sekolah swasta tetap hidup .

Heri, dalam keterangannya mengatakan untuk dukungan bagi sekolah swasta, Pemerintah Provinsi Jabar diharapkan bisa menambah alokasi anggaran untuk operasional penyelenggaraan pendidikan.

Untuk sekolah swasta agar minat siswa tetap antusias belajar di sekolah swasta, sasaran penerima beasiswa perlu ditambah.

Dukungan bagi pendidik di sekolah swasta mesti ada penambahan, ini berkorelasi dengan kesejahteraan guru.

Untuk kepentingan hal itu, program yang berorientasi pada kesejahteraan guru harus ada penambahan.
Setidaknya, guru yang mengajar di sekolah swasta perlu diberikan ruang Untuk mendapatkan program bataru.

Sekolah swasta khususnya untuk SMK, perlu ada sentuhan program yang berorientasi pada perbaikan kualitas pendidikan.

Hal yang dibutuhkan, ujar Heri penambahan sarana seperti laboratorium. Di tengah keterbatasan anggaran, fasilitasi ini perlu diprioritaskan kepada sekolah yang berprestasi. Jika hal ini bisa diberikan akan menjadi spirit bagi sekolah swasta lainnya untuk meningkatkan prestasi.(nur)