Pencarian Berita


Kegiatan PLS Di KCD Disdik XII Libatkan Lintas Stakeholder

Kegiatan PLS Di KCD Disdik XII Libatkan Lintas Stakeholder

Tasikmalaya -- Memasuki tahun ajaran baru, para siswa baru pekan ini telah mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2022. Demikian juga untuk siswa SMA/SMK juga mengikuti kegiatan PLS.

Untuk SMA dan SMK di wilayah KCD XII yang meliputi wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, seluruh kegiatan mengikuti arahan dari Kepala Dinas Pendidikan Jabar.

Di KCD XII, kegiatan PLS melibatkan berbagai stakeholder, ungkap Kepala KCD XII Disdik Jabar, Dr. Abur Mustikawanto, M.Ed, dalam keterangannya kepada media pekan ini.

Abur, dalam keterangannya mengatakan sesuai arahan dari Kepala Dinas Pendidikan Jabar , para siswa baru melalui kegiatan PLS  diharapkan dapat mengenal dan mencintai lingkungan sekolahnya. Untuk mensosialisasikan hal itu, dalam kegiatan itu dihadirkan para pengurus OSIS.

Menurutnya, PLS/MOS dapat membuat siswa merasa lebih nyaman dalam menerima pembelajaran di sekolah.

Dalam kegiatan PLS, juga disosialisasikan  wawasan kebangsaan. untuk kegiatan ini, dihadirkan Nara sumber dari TNI dengan Nara sumber dari Dandim 0612 Tasikmalaya.

Bagi para siswa , sambung Abur melalui kegiatan PLS, diharapkan dapat melek hukum. Oleh   karena itu dalam kegiatan PLS disosialisasikan program  "Jaksa Masuk Sekolah".

Antisipasi kenalan remaja juga menjadi perhatian dalam kegiatan PLS. Aksi perilaku menyimpang yang diantisipasi yaitu Penggunaan narkoba dan kegiatan geng motor.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, diadakan Penyuluhan dengan menghadirkan nara sumber dari BNN dan Satlantas Polres Tasikmalaya.

Pada prinsipnya, kegiatan PLS harus bisa menghadirkan spirit belajar bagi siswa secara maksimal.

Untuk mewujudkan hal itu, juga disosialisasikan berbagai kegiatan produktif yang saat ini ada di sekolah, diantaranya kegiatan Pramuka.

Untuk memperkenalkan program Pramuka di sekolah, ujar Abur dihadirkan Nara sumber dari Kwarda Pramuka.(nur)