Pencarian Berita


Keberpihakan Anggaran Untuk Dinas Sosial Harus Ada Penambahan

Keberpihakan Anggaran Untuk Dinas Sosial Harus Ada Penambahan

Adikarya parlemen

Jabar -- Dinas Sosial baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota saat ini menghadapi tantangan sangat berat. Tantangan itu, diantaranya disebabkan masih banyaknya masyarakat penyandang masalah sosial yang membutuhkan pembinaan dan pemberdayaan.

Diakui program rutin, sudah ada . Bahkan di Dinas Sosial Jabar, pembinaan kelompok masyarakat penyandang sosial sudah terpetakan melalui UPTD.

Dari UPTD yang ada saat ini, ada UPTD yang khusus membina disabilitas, anak terlantar dan para lansia.

Dengan mempertimbangkan fakta, banyaknya masyarakat penyandang masalah sosial, dukungan  anggaran untuk Dinas Sosial perlu dilakukan penambahan.

Hal ini, diungkapkan Anggota Komisi V DPRD Jabar, Heri Ukasah Sulaeman, dalam keterangannya Kepada media baru-baru ini.

Heri, dalam keterangannya mengatakan keberpihakan Pemerintah Provinsi Jabar untuk merealisasikan pemberdayaan masyarakat bagi penyandang masalah sosial sudah nampak.

Bahkan khusus untuk kelompok lansia, yang untuk lingkup Dinas Sosial Jabar, pembinaan di kelola di UPTD yang berlokasi di Ciparay, Kabupaten Bandung , sudah intens dilakukan pembinaan.

Dukungan sarana untuk lansia yang ada di lokasi tersebut, sudah ada. Namun karena minimnya anggaran sarana masih terbatas diantaranya sarana kesehatan untuk melayani kesehatan ketika lansia sakit.

Harapan ke depan, jelas Heri seiring dengan Covid yang terus melandai, keberpihakan Anggaran untuk pembinaan penyandang masalah , harus ada penambahan.

Penambahan anggaran untuk Dinas Sosial, juga harus bersinergi dengan penambahan program unggulan.

Program unggulan yang mesti ada, diantara untuk kelompok penyandang masalah sosial dari kalangan usia produktif.

Bagi kelompok ini, perlu ada program pembinaan dan pemberdayaan sehingga mereka bisa produktif dan bisa berdaya

Target penyandang soal bisa produktif dan berdaya selanjutnya mereka bisa berusaha secara mandiri. Jika situasi ini terwujud, penyandang masalah sosial bisa berubah menjadi sejahtera.(nur)