Pencarian Berita


Seni dan Budaya Di Kabupaten Sumedang Berpeluang Kian Berkembang

Seni dan Budaya Di Kabupaten Sumedang Berpeluang Kian Berkembang

Adikarya Parlemen

Jabar -- Hingga saat ini, Kabupaten Sumedang tetap bertahan sebagai "puser budaya". Hal ini, berimplikasi banyak potensi seni dan budaya warisan leluhur yang terus dipelihara oleh masyarakat.

Untuk konteks kekinian, pelestarian seni dan budaya terus dilakukan. Bahkan untuk konteks saat ini, pengembangan seni dan budaya ini berpotensi bisa terus berkembang.

Hal ini, didukung adanya sarana dan prasarana publik yang bisa digunakan untuk mensosialisasikan seni dan budaya kepada masyarakat. Hadirnya, Sumedang Creative Center (SCC) , yang baru diresmikan Gubernur Jabar pekan ini, bisa digunakan untuk mensosialisasikan pelestarian seni dan budaya di Kabupaten Sumedang.

Hal ini, diungkapkan Anggota Komisi V DPRD Jabar, Heri Ukasah Sulaeman, dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Heri, yang juga anggota Fraksi Partai Gerindra Persatuan Dapil Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang dalam  keterangannya mengatakan bagi pihak legislatif mendukung sepenuhnya program yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Jabar yaitu fasilitasi sarana publik seperti gedung creative center yang direncanakan dibangun di seluruh Kabupaten/Kota di Jabar.

Bagi gedung creative center yang sudah selesai dibangun, hal yang perlu ditindaklanjuti adalah menyiapkan program unggulan di seluruh Kabupaten/Kota. Adapun program unggulan tersebut, harus diselaraskan dengan potensi unggulan di daerah tersebut.

Sebagai salah satu contoh saja, untuk Kabupaten Sumedang karena sebagai kota pusat budaya, Pemkab Sumedang dan Pemerintah Provinsi Jabar perlu memperkuat penguatan pelestarian budaya.

Hal yang bisa dilakukan, membuat kegiatan secara rutin dan berkala pagelaran seni budaya yang menjadi unggulan di masing-masing Kecamatan di wilayah Kabupaten Sumedang.
Pentas seni itu, bisa digunakan gedung SCC, jelas Heri.

Seiring dengan adanya rutinitas kegiatan seni budaya , perlu juga disiapkan kegiatan standarisasi dan sumber daya manusia kesenian tradisional. Dengan dibuatnya program ini, pelaku seni dan budaya mempunyai kompetensi sesuai dengan tuntutan jaman.

Selanjutnya, untuk mendukung Kabupaten Sumedang sebagai pusat budaya, penggalian potensi seni dan budaya juga harus dilakukan.

Oleh karenanya, ujar Heri perlu disiapkan anggaran  yang proporsional untuk kegiatan penggalian seni dan budaya termasuk pengelolaan cagar budaya.(nur)