Pencarian Berita


Sekolah Di Tasikmalaya Sebagian Besar Sudah Miliki UKS

Sekolah Di Tasikmalaya Sebagian Besar Sudah Miliki UKS

Tasikmalaya  -- Kehadiran UKS di beberapa sekolah sudah lama ada. Dalam situasi Pandemi seperti sekarang ini, keberadaan UKS perannya sangat menentukan.

Namun, untuk wilayah Tasikmalaya baik di Kota Tasikmalaya ataupun Kabupaten Tasikmalaya, sebagian besar sekolah baik SMA, SMK maupun SLB sudah mempunyai sarana UKS yang lengkap.

Demikian, diungkapkan Kepala KCD Disdik Jabar Wilayah XII, Dr. Abur Mustikawanto, M.Ed, dalam keterangannya kepada indofakta, Senin (9/8).

Dalam situasi sekarang ini , ungkap Abur sarana dan prasarana UKS harus  mempunyai tempat yang refresentatif, ruangan setidaknya memenuhi aspek yang luas, sehingga syarat social distancing.

Di ruangan UKS, harus ada tempat tidur untuk siswa yang sakit mendadak.

Ruangan juga, harus dilengkapi dengan sarana P3K serta ketersediaan wastafel sebagai dukungan penerapan protokol kesehatan.

Hal terpenting, dalam penerapan UKS adalah koordinasi dengan Puskesmas. Hal ini penting untuk direalisasikan agar jika ada siswa yang mendadak sakit dapat ditangani dengan segera.

Kendati sebagian besar sekolah sudah mempunyai sarana untuk program UKS, KCD Wilayah XII menargetkan agar semua sekolah mempunyai Fasilitas lengkap untuk program UKS.

Di tahun depan, KCD Wilayah XII ujar Abur sudah mengagendakan rencana pembangunan gedung UKS di lima sekolah.(nur)