Pencarian Berita


Kejati Jabar Tangani Dugaan Korupsi Puluhan Miliar Perangkat KBM Jarak Jauh Disdik KBB

Kejati Jabar Tangani Dugaan Korupsi Puluhan Miliar Perangkat KBM Jarak Jauh Disdik KBB

Bandung -- Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kajati Jabar) Bidang Pidsus saat ini tengah menangani dugaan Kasus Pengadaan berupa Berupa Tablet Perangkat IT Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar
(KBM) Jarak Jauh Jenjang SD Dan SMP Senilai Rp21.798.184.000,00 (dua puluh satu miliar tujuh ratus sembilan puluh delapan juta seratus delapan puluh empat ribu rupiah) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Pengadaan yang dana bersumber dari Banprov Jabar TA 2021, diduga ada persekongkolan antara pihak pemberi kerja dengan rekanan.

Terkait hal tersebut, indofakta.com melakukan Mohon Konfirmasi ke beberapa sumber di Kabupaten Bandung Barat, Kejaksaan Negeri (Kejari)  Kabupaten Bandung dan Kejati Jabar. Kejari Kabupaten Bandung mengaku tidak menanganinya.

"Laporannya sedang ditangani oleh kejati," ujar Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Kabupaten Bandung, Andrie Dwi Subianto, S.H., M.H melalui pesan pendek WhatSapp nya (13-07-2021).

Menurutnya ada Lsm yang melaporkan kasus tersebut ke Kejari Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

"Kami terima laporan dr Lsm Solusi tgl 29 juni 2021," kata Andrie.

Kasus tersebut saat ini ditangani Bidang Pidsus Kejati Jabar dan dibenarkan oleh Kasi Penyidikan, Daniel de Rozari, SH.

"Kalo KBB betul om, ditelaah oleh pidsus kejati.  Laporannya di awal2 tahun kalo gak salah," jelas Daniel (13-07-2021).

Dikonfirmasi indofakta.com pada tanggal 09-07- 2021 lalu para pejabat KBB antara lain Wakil Bupati, kini menjadi Plt. Bupati KBB, Hengky Kurniawan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat KBB mantan Kadisdik), Imam Santoso dan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) KBB Asep Dendih, S. Pd, MM, hingga berita ini ditayangkan belum merespon.

Dalam Laporannya ke Kejari Kabupaten Bandung, Lsm Solusi mengatakan bahwa, "Dari pantauan Tim Investigasi LSM SOLUSI, bahwa Perusahaan yang mengikuti Lelang di Dinas Pendidikan ada dugaan melakukan KKN, dengan melihat para pihak yang memenangkan Lelang, dan para peserta Lelang yang tidak berubah dan hampir seluruh Jawa Barat bahwa Peserta Lelang adalah yang mengikuti lelang di lingkungan Disdik Kabupaten Bandung Barat dan Pemenang Lelang adalah semua yang memenangkan Lelang di Kabupaten Bandung Barat, kami menduga ada penggiringan kepada perusahaan tersebut untuk jadi pemenang. 2. Panitia sengaja membuat metode pelelangan dengan TENDER CEPAT, agar peserta lelang hanya perusahaan yang sudah ditentukan oleh panitia untuk lebih gampang menggiring pemenang," papar BM Sihombing.

Lsm Solusi menduga bahwa Kegiatan Pengadaan tersebut terdapat beberapa indikasi yang mengarah pada tindak pidana korupsi.

"PAGU dan HPS yang tidak berbeda jauh dan Nilai Penawaran Pemenang yang sangat mepet dengan PAGU diduga telah terjadi persekongkolan, kebiasaan dalam pembelian partai besar, agen pemegang merek bisa memberikan diskon harga sampai 10 persen, dalam hal ini harga penawaran hanya turun maximal 0,1 persen," duga Lsm Solusi.

Ditambahkan oleh Lsm Solusi bahwa pihaknya memohon agar kasus tersebut dapat diungkap secara transparan tanpa bermaksud mencemarkan nama baik seseorang.

"Kami DPP LSM SOLUSI mempunyai dugaan kuat pada kegiatan tersebut diatas, ada penyimpangan, dan Investigasi awal di lapangan menunjukkan indikasi adanya dugaan
Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN) pada kegiatan tersebut.
Mengacu pada berbagai aturan, menjunjung tinggi dan menghormati azas praduga tak bersalah, tanpa berniat mencemarkan nama baik seseorang/instansi serta berdasarkan hasil investigasi serta data/bukti pendukung awal yang kami peroleh (investigasi), dengan harapan surat kami dapat ditindak lanjuti secara positif," pungkas MB Sihombing.

Pemerintah KBB pada tahun 2020 lalu mendapat Bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk Pengadaan Perangkat IT Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Jarak Jauh. Untuk Jenjang SD, dengan cara TENDER CEPAT, Nilai Kontrak Rp12.121.725.000,00 dan Pengadaan Perangkat IT Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Jarak Jauh untuk Jenjang SMP, Nilai Kontrak Rp7.125.380.000,00.- . Total biaya untuk kedua tender tersebut sebesar Rp
Rp21.798.184.000,00. Keduanya dimenangkan oleh PT. WIDURI ABDI JAYA, Alamat : Rukan Malibu Blok J No. 80 The City Resort Residences Cengkareng Timur - Jakarta Barat – DKI Jakarta. (Y CHS).