Pencarian Berita


PPDB Wujudkan Pemerataan Pendidikan

PPDB Wujudkan Pemerataan Pendidikan

Adikarya Parlemen

Jabar -- Kegiatan seleksi siswa baru di berbagai jenjang pendidikan yaitu PPSB sudah dilaksanakan proses tahapannya.

Mengamati dari proses yang kini tengah dilaksanakan, juga target yang ingin dicapai pada PPDB tahun ini, sesuai dengan tagline PPDB  yaitu "sekolah dimana saja sama", layak diapresiasi.

Pasalnya, dengan tagline PPDB tahun 2001, memberikan ruang pemerataan untuk memajukan pendidikan.

Hal ini, diungkapkan Anggota Fraksi Partai Gerindra Persatuan DPRD Jabar, Dapil Kabupaten Bekasi, H. Syahrir, SE, M.Ipol, dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Target PPDB Tahun 2001, ungkap Syahrir dengan tagline jelas memberikan ruang pemerataan pendidikan baik pada sekolah maupun kepada siswa itu terjadi.

Merujuk kepada data yang diterima Disdik Jabar, daya tampung untuk SMA, SMK dan SLB  Negeri di Jabar hanya 41, 5 persen.

Dengan demikian, sebagian besar lulusan SMP, dalam rangka melanjutkan pendidikan, dengan target pendidikan secara umum untuk meningkatkan program wajar  12 tahun, sekolah swasta harus dibuka partisipasinya untuk menampung lulusan siswa SMP yang tak tertampung di sekolah Negeri.

Untuk mewujudkan harapan itu, perlu ada fasilitasi dari Pemerintah.

Penerapan zonasi di PPDB , ini merupakan sebuah solusi agar sekolah baik Negeri maupun swasta sama rata menjadi pusat belajar bagi para siswa.

Diharapkan upaya pemerataan pendidikan, sekolah sama dimana saja, juga diharapkan secara bertahap dapat menghilangkan anggapan sebagian masyarakat yaitu adanya sekolah elite dan dan sekolah favorit.

Jika anggapan ini kian berkurang, semangat belajar di kalangan siswa kian meningkat, karena tidak adanya kemalasan belajar akibat tidak bersekolah di sekolah elite atau favorit.

Dengan perubahan paradigma pandangan itu, ujar Syahrir Target pendidikan secara berkualitas dapat terwujud yaitu lahirnya perubahan karakter di kalangan siswa.(nur)