Pencarian Berita


SMK Layak Jadi BLUD

SMK Layak Jadi BLUD

Jabar -- Untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama di sekolah kejuruan , perlu terus dicari berbagai terobosan. Targetnya, pendidikan di sekolah kejuruan semakin berkualitas, bagi peserta didik dapat meningkatkan kompetensi serta lulusan bisa bersaing baik ketika mencari kerja atau dalam mengembangkan wirausaha.

Terobosan tersebut, kini dijajaki Pemerintah Provinsi Jabar. Untuk memperkuat kualitas pendidikan kejuruan, telah direncanakan SMK menjadi Badan Umum Layanan Daerah (BLUD).

Untuk menyiapkan rencana itu, Pemerintah Provinsi Jabar, sedang mempersiapkan regulasi berupa Perda.

Terkait hal itu, DPRD Jabar melalui Komisi V kini tengah mempersiapkan pembahasan dengan berbagai kegiatan diantaranya studi banding atas penetapan SMK menjadi BLUD di Provinsi lain yang sudah membuat kebijakan itu.

Pembahasan yang dibuat di DPRD Jabar dengan berbagai kegiatan, dimaksudkan agar penetapan pengelolaan SMK dalam wadah BLUD, betul-betul memberikan manfaat yang sangat besar untuk memajukan pendidikan khususnya untuk sekolah kejuruan.

Melalui berbagai kegiatan, seperti studi banding DPRD Jabar bisa memberikan input agar pengelolaan SMK menjadi BLUD, memberikan manfaat yang luas.

Dari hasil studi banding ke Sidoarjo , Jatim ditetapkannya pengelolaan SMK menjadi BLUD, banyak memberikan manfaat.

Hal ini, diungkapkan Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar, Abdul Hadi Wijaya, dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Menurut Abdul Hadi, pihak DPRD Jabar melalui Komisi V dalam rangka pembahasan Peraturan Gubernur tentang SMK menjadi BLUD, pada awal Juni 2021, telah menggelar studi banding ke Provinsi Jatim yang sudah sukses menyelenggarakan pengelolaan SMK oleh BLUD.

Dari hasil Studi banding terungkap salah satu SMK Negeri di Sdiarjo , Jatim sejak tahun 2018 sudah dikelola dalam wadah BLUD.

Dengan dikelolanya SMK itu menjadi BLUD, pengelolaan lebih profesional.

Manfaat di lingkungan sekolah itu juga nampak, yaitu seluruh civitas akademika, lebih terbuka mengembangkan kreativitas.

Pengelolaan sekolah, sambung Abdul Hadi juga lebih professional, di sekolah itu banyak dikembangkan kegiatan usaha, misalnya usaha yang bergerak di jasa tata boga.

Dengan pengembangan usaha ini, ketergantungan pada APBD untuk mengelola sekolah dapat dikurangi.

Dengan banyaknya manfaat dalam pengalihan pengelolaan SMK oleh BLUD , di Jabar layak untuk segera direalisasikan, pangkas Abdul Hadi mengakhiri penjelasannya.(nur)