Pencarian Berita


Peran Pesantren Dalam Pengembangan Pendidikan Formal Kian Nyata

Peran Pesantren Dalam Pengembangan Pendidikan Formal Kian Nyata

Jabar -- Di Jabar, hingga saat ini peran Pesantren khususnya dalam partisipasi dalam memajukan pendidikan di masyarakat , tidak surut.

Bahkan di beberapa wilayah , seperti wilayah Priangan timur yaitu  Kota dan Kabupaten Tasikmalaya peran Pesantren kian luas.

Di wilayah ini, pesantren tak hanya berjalan dalam penguatan pendidikan keagamaan saja.

Namun, saat ini ada juga pesantren yang sudah berkiprah dalam pengembangan pendidikan formal.

Hal ini, diungkapkan Kepala KCD XII Disdik Jabar, Dr. Abur Mustikawanto, M.Ed, dalam keterangannya kepada indofakta, Rabu (2/6).

Adapun pesantren yang sudah memiliki peran dalam pengembangan pendidikan formal yaitu Pesantren Suryalaya  dan Pesantren Cipasung.

Dari hasil evaluasi yang diterima pihak KCD XII Disdik Jabar, untuk Pesantren Suryalaya merupakan pesantren yang dinilai sukses mengembangkan pendidikan formal.

Di Pesantren Suryalaya, sejak tahun 2004 sudah dibuka SMK jurusan Automotif.

Seiring perkembangan waktu, SMK itu di tahun 2018 sudah menjadi "center Automotif".

SMK di Pesantren Suryalaya dengan dijadikannya Center Automotif, ungkap Abur  itu merupakan hasil dari penerapan  program "cerdas dan pintar".

Program cerdas dan pintar itu, merupakan program Disdik Jabar bekerja sama dengan perusahaan Automotif ternama di Indonesia yaitu PT Daihatsu.

Hadirnya Center Automotif di Pesantren Suryalaya, juga memberikan manfaat sangat besar.

Manfaat itu, ungkap Abur antara lain adanya jaminan kualitas bagi sekolah, karena SMK di pesantren Suryalaya sudah terakreditasi.

Dengan akreditasi tersebut, SMK di pesantren Suryalaya sudah bersertifikat. Hal ini, tentunya menjadi sarana yang bisa memudahkan para lulusan sekolah dalam mencari kerja.

Di SMK Suryalaya, dengan dijadikannya Center Automotif juga menyediakan pelatihan .

Dengan kondisi itu serta ditunjang dengan program kerjasama dengan dunia usaha, hingga saat ini lulusan SMK dari Pesantren Suryalaya seluruhnya terserap di dunia kerja.

Para lulusan SMK dari Pesantren Suryalaya, sebagian besar bekerja di perusahaan Automotif terutama di kawasan Jababeka, pangkas Abur mengakhiri penjelasannya.(nur)