Pencarian Berita


KCD X Disdik Jabar Rampungkan Persiapan PPDB

KCD X Disdik Jabar Rampungkan Persiapan PPDB

Jabar -- Agenda program tahunan di dunia pendidikan yaitu PPDB untuk tahun 2021 mulai akan dilaksanakan pada Juni 2021.

Untuk tahapan 1 saja, dari informasi yang dihimpun indofakta.com akan dilaksanakan mulai 7 Juni 2021.

Terkait dengan rencana penyelenggaraa PPDB tahun 2021 itu, KCD di lingkungan Disdik Jabar sudah menyiapkan langkah teknis

Bahkan untuk KCD Disdik Jabar, yang mempunyai tugas mengelola sekolah di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon serta Kabupaten Kuningan, sudah siap merampungkan tahapan penyelenggaraan PPDB.

Perihal kesiapan itu, diungkapkan Kepala KCD X Disdik Jabar, Dra. Ester Miori Dewayanti, M.Pd, dalam keterangannya kepada indofakta, pekan ini.

Ester, dalam penjelasannya memaparkan untuk PPDB ini, di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon serta Kabupaten Kuningan, ribuan kuota sudah siap menampung siswa lulusan SMP dan MTS yang mendaftar ke SMA, SMK , dan SLB.

Untuk menyeleksi para pendaftar itu, untuk tahun ini ketua pelaksana ditunjuk Kepala KCD di masing-masing wilayahnya.

Selanjutnya, para KCD juga membentuk beberapa koordinator yang nantinya mereka melaksanakan tahapan PPDB dari tahap awal hingga selesai.

Selanjutnya di internal KCD, dalam rangka persiapan PPDB koordinasi juga dilaksanakan bersama para pengawas.

Khusus untuk KCD Disdik Jabar , puluhan pengawas siap memaksimalkan penyelenggaraan PPDB.

Ester, lebih lanjut mengatakan agar PPDB bisa berjalan sukses, koordinasi juga sudah dilaksanakan dengan para Kepala Daerah, masing-masing Bupati Cirebon, Walikota Cirebon dan Bupati Kuningan.

Koordinasi juga sudah dilaksanakan dengan Kemenag RI. Hal ini, didasarkan atas pertimbangan untuk memudahkan koordinasi dalam menampung lulusan Mts.

Selanjutnya koordinasi juga sudah dilaksanakan dengan semua Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB baik negeri maupun swasta.

Hal yang harus diingat oleh masyarakat untuk PPDB, jelas Ester sejalan dengan tema PPDB tahun ini yaitu " sekolah dimana saja sama", diharapkan anggapan adanya sekolah favorit  pada sebagian masyarakat secara bertahap dapat terkikis.

Dengan mulainya terkikis anggapan itu, diharapkan seluruh lulusan SMP dan MTs dapat melanjutkan pendidikan ke SMA, SMK maupun SLB.

Dengan hal itu juga, sekolah swasta juga dapat terisi seluruhnya.

Jika hal ini dapat terwujud, ujar Ester target wajar 12 tahun di Jabar dapat segera terealisasi.(nur)