Pencarian Berita


Situasi Pandemi Covid 19, Target Pangan Terealisasi

Situasi Pandemi Covid 19, Target Pangan Terealisasi

Jabar -- Dalam tahun 2020,  yang ditandai bencana pandemi Covid 19, yang berdampak pada merosotnya kegiatan pembangunan di beberapa sektor.

Untuk target pangan di Jabar, kondisi itu tidak terganggu. Hal itu, dibuktikan dengan terealisasinya target pangan di Jabar.

Hal ini, diungkapkan Kepala DKPP Jabar,  Ir. H. Jafar Ismail, MM, dalam raker bersama Komisi II DPRD Jabar, baru-baru ini

Jafar, dalam keterangannya mengatakan di tahun 2020, untuk target Pola Pangan Harapan ditargetkan sebesar 90,70 point' dan realisasinya 92,88 point.

Untuk tingkat konsumsi pangan energi target 2.150 Kkal/kapita/hari dan realisasinya 2.150 Kkal/kapita/hari.

Tingkat konsumsi pangan protein, target sebesar 57,0 gram/kapita/hari dan realisasinya 64,9  gram /kapita/hari.

Jafar, dalam keterangannya mengatakan salah satu indikator untuk menentukan keamanan kondisi pangan, diukur dari nilai tukar pertanian di sektor peternakan.

Adapun ketercapaiannya, target produksi daging 1 juta ton, realisasinya 1,02 juta ton.

Produksi telur, target 204,8 ribu ton, realisasinya 609,7 ribu ton.

Produksi susu, target 335,7 ribu ton, realisasinya 293,4 serta peningkatan mutu produk hewan dari target 3,0 ribu ton, realisasinya mencapai 4,6 ribu ton.

Ketercapaian target tersebut, berkat dukungan program yang sudah disiapkan dalam tahun 2020.

Program itu, meliputi ketersediaan dan distribusi pangan, program konsumsi dan pengembangan SDM, program pengawasan mutu dan keamanan pangan serta program pelatihan peternakan dan ketahanan pangan.

Program lainnya yang diimplementasikan dalam tahun 2020, ujar Ja'far program produksi peternakan serta program pengembangan dan pembibitan hewan ternak.(nur)