Pencarian Berita


Tongkat Komando Brigif Raider 13/1 Kostrad, Resmi Berpindah

Tongkat Komando Brigif Raider 13/1 Kostrad, Resmi Berpindah

TASIKMALAYA --- Brigade Infanteri Raider 13/1 Kostrad berganti pimpinan. Komandan Brigade Infanteri Raider 13/1 Kostrad yang sebelumnya dijabat oleh Kolonel Inf Moch Mahbub Junaedi, S. Sos, M.IP digantikan oleh Letkol Inf Herry Purwanto S. Sos.

Untuk diketahui, Brigif Raider 13/1 Kostrad membawahi tiga batalyon Infanteri Raider. Yakni, Batalyon Infanteri Raider 303/SSM di Garut, Batalyon Infanteri Raider 321/GT di Majalengka, kemudian Batalyon Infanteri Raider 323/BP di Banjar dan satu Detasemen Markas (Denma) yang berada di Tasikmalaya.

Serah terima jabatan (Sertijab) tersebut dilaksanakan di Lapangan Upacara Mabrigif Raider 13/1 Kostrad Tasikmalaya, Minggu (28/03/2021).

Upacara Serah terima jabatan diawali dengan penyerahan Dhuaja Brigif Raider 13/1 Kostrad dari pejabat lama kepada Inspektur Upacara,Penyerahan tongkat Komando, Penanggalan dan penyematan tanda jabatan serta tanda pangkat, penyerahan Dhuaja Brigif Raider 13/1 Kostrad dari Inspektur Upacara kepada pejabat baru, penandatangan Pakta Integritas dan naskah serah terima jabatan, kemudian dilanjut dengan laporan resmi.

Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad Mayjen TNI Dedy Kusmayadi dalam amanatnya menyampaikan, berkenaan dengan serah terima jabatan ini, selaku Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad dan pribadi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kolonel Inf Moch Mahbub Junaedi S. Sos, M.IP atas pelaksanaan tugasnya selama mengemban amanah jabatan sebagai Komandan Brigif Raider 13/1 Kostrad.

" Ucapan yang sama saya sampaikan kepada Ibu Ratna Mahbub Junaedi yang selalu setia mendampingi suami dalam mengemban tugas selama ini untuk membina Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XI Brigif Raider 13 Koorcab Divif 1 PG Kostrad", katanya.

Kepada Letkol Inf Herry Purwanto S. Sos saya ucapkan selamat atas pengangkatannya sebagai Komandan Brigif Raider 13/1 Kostrad. Saya ingatkan jabatan yang saudara sandang merupakan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan pimpinan serta amanah dari Tuhan yang Maha Esa. Untuk itu saya harapkan kepada Komandan yang baru agar bisa membina kesiapan operasional satuan jajarannya agar dapat menyelenggarakan tugas operasi yang bersifat taktis maupun strategis yang selaras dengan tuntutan tugas Divif 1 Kostrad.

" Berkaitan dengan itu, saya perintahkan kepada Danbrigif Raider 13/1 Kostrad untuk meningkatkan profesionalisme prajurit, dalam arti  prajurit yang Expert, yaitu prajurit yang mampu mengerjakan tugas pokoknya. Prajurit yang Responsible, yaitu prajurit yang mempunyai tanggung jawab atas tugas pokoknya dalam menjaga kedaulatan NKRI. Prajurit yang Cohesive, yaitu prajurit yang mempunyai keterikatan terhadap kelompok, solidaritas dan semangat kebersamaan yang kuat dengan satuannya", ucapnya.

Komandan Brigif Raider 13/1 Kostrad Letkol Inf Herry Purwanto S. Sos yang merupakan lulusan Akmil 1999, sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Asisten Operasi Kodam 12 Tanjung Pura.

Hadir pada acara serah terima jabatan tersebut antara lain, Panglima Divif 1 Kostrad, Kasdivif 1 Kostrad, Irdivif 1 Kostrad, para Asisten Kasdivif 1 Kostrad, Komandan Satuan di jajaran Divif 1 Kostrad, dan Forkopimda Tasikmalaya.
Acara serah terima jabatan dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah agar terhindar dari wabah Covid - 19 yang saat ini masih tinggi angka penyebarannya.(rendi b/ril)