Pencarian Berita


Badiklat Kejaksaan RI Gelar Pelantikan Pejabat Eselon III

Badiklat Kejaksaan RI Gelar Pelantikan Pejabat Eselon III

Jakarta -- Badan Pendidikan dan Pelatihan ( Badiklat ) Kejaksaan RI menggelar upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat struktural eselon 3 pada bidang Pusat Diklat Teknis dan Fungsional dan Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan pada Badiklat Kejaksaan RI,Jakarta,Senin ( 22/2/2021)

Bertindak sebagai inspektur Upacara Sekretaris Badiklat Dr.Jaya Kesuma, diikuti seluruh pejabat Eselon 2,3 dan 4 secara terbatas,pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Korps Adhyaksa, kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelantikan dan serah terima jabatan dari pejabat lama kepada pejabat baru.

Sesbadiklat Jaya Kesuma dalam sambutannya mengatakan,bahwa Pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat struktural merupakan bagian dari proses penyegaran dan pengembangan personil kejaksaan.

"Berkenaan dengan itu maka mutasi dan promosi haruslah dimaknai sebagai sebuah kesempatan untuk meningkatkan kompetensi,dengan mempertimbangkan faktor kemampuan , integritas,dan kapabilitas masing masing," ujar Sesbadiklat Jaya Kesuma dalam kata sambutannya.

Sedangkan disisi lainya ,bagi lembaga diharapkan agar menghasilkan insan Adhysksa yang tangguh yang memiliki banyak pengalaman diberbagai bidang yang pada gilirannya diharapkan akan siap mendukung lembaga kejaksaan sebagai salah satu institusi lembaga penegaj hukum.

Jaya mengingatkan sebagai unit kerja eselon 1 Badan Diklat kejaksaan RI telah memperoleh penghargaan Predikat zona integritas wilayah bebas dari korupsi ( WBK ) dan wilayah birokrasi beelrsih Melayani WBBM) . Keberhasilan ini adapah buah dari kerja keras dan kebranian serta semangat juang yang tinggi.

"Namun semangat kerja dan kinerja harus disesuaikan dengan kondisi masa transisi menuju tatanan normal baru dengan tetap beradaptasi protokol kesehatan dan surat edaran Jaksa Agung nomor 17 Tahun 2020 tentang sistem kerja pegawai dilingkungan Kejaksaan RI dalam tatanan normal baru," kata Jaya.

"Kita harus bangkit dan semangat harus bisa mengatasi kesulitan dan hambatan dengan adanya penyebaran Covid 19.Penyelenggaraan Diklat yang berbasis media online/ virtual akan kita selenggarakan,"sambungnya.

"Kita coba dengan metode blended learning atau hibrid learning," imbuhnya.

Sejalan dengan visi dan misi pemerintah yaitu pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan maju.Sumber daya manusia yang dapat bersaing dan berperan dalam mengisi pembangunan nasional untuk Indonesia maju.

"maka Badiklat Kejaksaan RI mempunyai peranan strategis sebagai penyumbang SDM Kejaksaan untuk pos pos pengabdian diseluruh Indonesia. Sehingga fungsi Badiklat bukan hanya memberikan pelajaran akan tetapi harus menghidupkan dan mengedepankan pengetahuan," bebernya.

Oleh karenanya Jaya mrnuturkan, pada tahun tahun selanjutnya penentuan program program Diklat selayaknya disandarkan pada kebutuhan strategis jangka panjang.

Yang disusun secara komprehensif menyentuh pada peningkatan kompetensi para penegak hukum yang profesional dan berintegritas serta mampu meningkatkan kinerja dan capaian keberhasilan penegak hukum.

"Untuk itu saya harapkan kepada pejabat yang baru saya lantik,perlu terus menerus membuka diri pada perubahan dan jangan segan beradaptasi dengan kebaharuan agar proses pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan,"terangnya.

Menurutnya Badiklat Kejaksaan RI harus melahirkan generasi pencipta yang membanggakan dan mengharumkan Kejaksaan dengan karya,dan mampu menyelamatkan masa depan.

"kita harus yakin tanpa Badiklat, Kejaksaan selaku lembaga penegak hukum tidak mungkin mampu bertahan,"kata Jaya sembari memberikan ucapan selamat kepada pejabat baru dan pejabat lama semoga lebih sukses dan berhasil serta selalu sehat.

Berikut para Pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya, Kepala Bidang Program dan Evaluasi pada Pusat Diklat Teknis dan Fungsional Suwanda menggantikan Asmadi dan Kepala Bidang Penyelenggaraan pada Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan Dr.Setyo Utomo menggantikan Handoko.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat struktural eselon 3 pada Badan Diklat Kejaksaan RI dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid-19, antara lain wajib mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. ( Muzer )