Pencarian Berita


Akmil Angkatan 91 Kunjungi Korban Longsor di Cihanjuang Sumedang

Akmil Angkatan 91 Kunjungi Korban Longsor di Cihanjuang Sumedang

Sumedang -- Pasca longsor, Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung beberapa Minggu lalu ,saat ini  memasuki masa transisi rehabilitasi dan rekontruksi.

Korban Longsor yang terjadi di Dusun Bojong Kondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung memasuki masa transisi rehabilitasi dan rekontruksi setelah longsor yang terjadi dua pekan lalu  yang mengakibatkan puluhan korban jiwa dan rusaknya beberapa pemukiman warga.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir  dalam sambutanya  saat menerima kunjungan dari Bhadar (Bhakti Tidar) AKMIL Angkatan 91 di Posko Pengungsian Taman Burung Perumahan SBG Cimanggung, Sabtu, (23/1/2021).

Bupati lebih lanjut menyampaikan"  berdasarkan hasil kajian ilmiah dari Badan Geologi, saat ini terdapat 131 KK yang masuk ke dalam zona merah yang diwajibkan untuk pindah dan sisanya yang masuk di zona kuning akan direhabilitasi dan di rekontruksi.

"131 KK wajib pindah untuk keamanan dan keselamatan warga. Sisanya di zona kuning akan kita rehabilitasi dan rekontruksi. Bekas longsoran akan dilakukan direboisasi dijadikan sebagai taman peringatan supaya longsor tidak terjadi kembali," ujar Bupati.


Bupati menegaskan" 131 pihaknya akan secepatnya merelokasi dengan menyiapkan dua skema, pertama di tanah kas desa Tegal Manggung dan kedua akan ditempatkan diperumahan bersubsidi bekerjasama dengan perumnas.

Tahapan sekarang adalah pemulihan, ada dua skema yang disiapkan, pertama Tanah Kas desa di Tegal Manggung dan perumahan bersubsidi. Pembangunannya sudah ada, fasos fasumnya sudah tersedia. Itu langkah langkah kami kedepannya," pungkasnya

Kunjungan dari Bhadar ( Bakti Tidar ) AKmil angkatan 91 dalam kesempatan turut dihadiri  Forkopimda Sumedang (Dandim dan Kapolres) Komandan Pusat Pendidikan Armed Brigjen TNI M. Naudi Nurdika beserta rombongan Paguyuban Bhadar (Bhakti Tidar) 91 dan Forkopimcam Kecamatan Cimanggung.** (Riks ) **