Pencarian Berita


Badiklat Kejaksaaan Gelar Simulasi Persidangan PPPJ Angkatan 77 Serentak di Sepuluh Kejati

Badiklat Kejaksaaan Gelar Simulasi Persidangan PPPJ Angkatan 77 Serentak di Sepuluh Kejati

JAKARTA -- Guna mempersiapkan dan mencetak kader korps Adhyaksa dalam hal ini Jaksa yang memiliki  Integritas dan profesionalisme, serta mengasah kemampuan dan ketrampilan dalam penanganan perkara tindak pidana dan perdata.

Badan Diklat Kejaksaan RI berpusat di Jakarta,selaku Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa ( PPPJ ) menggelar latihan Persidangan ( Simulasi Persidangan ) simulasi yang berlangsung selama enam hari itu  di ikuti seluruh peserta  PPPJ  angkatan 77 Tahun 2020 sebanyak 400  peserta.

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya,simulasi ini dilaksanakan secara serentak di 10 Kejaksaan Tinggi ( Kejati ) selama lima hari mulai dari tanggal 30 November hingga 5 Desember 2020 yakni di Kejati Aceh,Sumut, Sumbar, Sumsel, Kalteng, Kalsel,Sultra, Sulsel, Sulut dan Bali.


Kegiatan ini merupakan salah satu Praktikum PPPJ  sebagai  Simulasi Persidangan atau peragaan Persidangan yang merupakan metode untuk mengaplikasikan hasil pembelajaran selama mengikuti Diklat Pembentukan Jaksa.Kegiatan ini adalah model peragaan dalam simulasi yang di kemas dalam bentuk  Dramatissasi yang di lakukan dalam kejadian yang sebenarnya.

Simulasi persidangan yang berlangsung di Kejati Kalimantan Tengah secara resmi dibuka oleh Wakajati Kalteng Marang, S.H., M.H. dari Badiklat yang hadir Kabid Program Mapim Handoko Setyawan, S.H., M.H. , Kasubid Akademik Diklat Teknisi dan Fungsional Rina Idawani, S.H., C.N., M.M., Ulfa Nur Utami, S.H., dan  Al Tantri Cipto Jati, S.H.

 

Dalam simulasi persidangan diperankan oleh 10 orang siswa ada yang berperan sebagai Hakim, penasehat hukum, JPU ( Jaksa penuntut umum ),panitera ada juga sebagai terdakwa,saksi ,pengawalan dan keluaraga terdakwa.

Simulasi persidangan meliputi,pembuatan surat dakwaan, eksepsi,Pendapat   JPU atas eksepsi,putusan sela, tuntutan,pembelaan/pledoi,Replik (Tanggapan  PU atas pledoi),Duplik (Tanggapan terdakwa/PH atas replik) dan terakhir Putusan.

Berikut jadwal simulasi Persidangan di awali dengan sidang Pidana Umum yang dilaksanakan pada hari Senin s.d Selasa tanggal 30 November s.d 1 Desember 2020; kemudian Simulasi sidang Pidana Khusus dilaksanakan pada hari Rabu s.d Kamis tanggal 2 s.d 3 Desember 2020; selanjutnya Simulasi Persidangan Perdata dan Tata Usaha Negara dilaksanakan pada hari Jumat s.d  Sabtu tanggal 4 s.d 5 Desember 2020. ( Muzer )