Pencarian Berita


Bupati Dony Hadiri Latihan Instruktur 1 Angkatan III GP ANSOR dan Diklatsus Bahana

Bupati Dony Hadiri Latihan Instruktur 1 Angkatan III GP ANSOR dan Diklatsus Bahana

Sumedang-- Kamis Malam (29/10), Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir yang juga Dewan Penasehat Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda  Ansor Jawa Barat menghadiri kegiatan Latihan Instruktur (LI) 1 Angkatan III dan Diklatsus Bagana (Banser Tanggap Bencana) di Gedung Islamic Centre Kabupaten Sumedang.

 

Kegiatan tersebut diikuti 50 orang kader GP Ansor dan anggota Banser se-Jawa  Barat dan  yang merupakan perwakilan masing-masing PC (Pimpinan Cabang).


Pelatihan berlangsung selama 4 hari terhitung dari tanggal 29 Oktober - 1 November 2020 dengan memenuhi standar protokol kesehatan. Adapun tempat Latihan Instruktur (LI) I angkatan III di Gedung PCNU Komplek 
Islamic Center Sumedang sedangkan Diklatsus Bagana di Markas Kodim 0610 Sumedang.

Ketua PCNU Kabupaten  Sumedang K. H. Idad Isti'dad mengatakan, GP Ansor merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan pemuda di Indonesia yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU) sebagai solusi dan agen perubahan di tengah-tengah masyarakat.


"Saya ucapkan terima kasih kepada tokoh-tokoh dan kader-kader Ansor atas perannya selama ini. Saya harap semoga ke depan generasi Ansor bisa lebih baik dan menjadi kader Ansor yang membanggakan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia," imbuhnya.


Selaras dengan Ketua PCNU Kabupaten Sumedang, Ketua PW Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haidar menyebutkan, GP Ansor harus memiliki hati yang hadir dalam melaksanakan setiap kegiatannya sehingga memiliki jiwa-jiwa yang tangguh.

"Diharapkan kader Ansor ke depan bisa menjadi juru dakwah yang paling baik di tempatnya masing-masing," kata Deni.
.l

Oleh karena itu, tujuan dari Latihan Instruktur (LI) 1 adalah selain untuk meningkatkan kapasitas kemampuan pengorganisasian 
kegiatan Kader Ansor dan Banser, meningkatkan kapasitas pengetahuan dan kepercayaan diri penyampaian materi pada kegiatan PKD, juga untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan perencanaan 
dan pelaksanaan kaderisasi.


"Adapun Diklatsus Bagana bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan Banser tentang penanganan bencana alam, memperkuat Satgas Bagana, dan mempersiapkan Satgas Banser untuk menghadapi kondisi bencana," katanya.


Sementara itu, Bupati Sumedang mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas digelarnya LI 1 Angkatan III serta Diklatsus Banser Tanggap Bencana (Bagana) Satkorwil Jawa Barat yang dipusatkan di Kabupaten Sumedang.


"Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran panitia yang telah menjadikan Kabupaten Sumedang sebagai tuan rumah dalam pelaksanakan Latihan Instruktur (LI) 1 dan Diklatsus. Saya harap hadirkan hati dan pikiran kita pada kegiatan ini, karena tentunya ini semua bisa dijadikan sebagai pengalaman berharga," ujar Bupati.


Bupati juga berpesan agar setiap kegiatan apapun dijadikan sebagai bagian dalam mencari ilmu dan belajar.

" Saya harap kegiatan ini dapat diikuti dengan sungguh-sungguh sehingga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi, kemampuan, dan kapasitas kita. Saya yakin para kader akan menjadi seorang pemimpin yang unggul dan bermanfaat bagi warga masyarakat luas," ungkap Bupati.

Bupati juga berharap Ansor ke depan benar-benar bisa menjadi bagian solusi bagi masyarakat dengan membuat suatu program yang dirasakan langsung masyarakat sehingga mampu menumbuhkan rasa cinta kepada GP Ansor.

"Terima kasih selama ini GP Ansor telah hadir dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. Saya harap kader-kader Ansor bisa lebih eksis terlibat dalam setiap kegiatan yang positif," katanya.

Terakhir Bupati berpesan agar dalam melakulan seluruh rangkaian kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Pimpinan pusat Yaqut Cholil Qoumas  membuka acara melalui Daring yang disaksikan langsung oleh Bupati Sumedang.

Selain Ketua PW GP Ansor Jabar Deni Ahmad Haidar dan Ketua PC NU Sumedanv K. H. Idad Istidad, tampak hadir pula, Kasat Korwil Banser Jabar Yudi Nur Cahyadi, Sekretaris PW GP Ansor Jabar Johan Jauhar Anwari, Sekjen PC NU Sumedang Ayi Subhan Hafs, Ketua PC GP Ansor Cecep Komarudin Hidayat, Kasat Binmas Polres Sumedang AKP Baban Isbandi dan para peserta latihan dan Diklat. (Riks )