Pencarian Berita


PN Rengat Tolak Eksepsi Tergugat, PT KAT, Dkk

PN Rengat Tolak Eksepsi Tergugat, PT KAT, Dkk

Rengat -- Pengadilan Negeri Rengat Kelas II Indragiri Hulu (Inhu) menolak eksepsi yang diajukan oleh Para Tergugat dalam perkara perdata Nomor : 11/PDT.G/2020/PN.RGT. Pemeriksaan pokok perkara akan dilanjutkan pada sidang berikutnya tanggal 1 Oktober 2020 mendatang.

Rilis yang diterima indofakta dari Dr. Musa Darwin Pane, SH.,MH hari ini (24/9/2020) mengabarkan bahwa, dalam sidang perkara gugatan terhadap PT. KAT, Dkk terkait hak atas plasma lahan sawit masyarakat 4 (empat) Desa di 2 (dua) Kecamatan di INHU yang diwakili Kuasa Hukumnya dari LBH Korek terdiri dari Dr. MUSA DARWIN PANE, S.H., M.H., UCOK ROLANDO PARULIAN TAMBA, S.H., M.H, Dr. SAHAT MARULI T. SITUMEANG, S.H., M.H,  CHRISMAN DAMANIK, Amd., S.H, DAHMAN SINAGA, S.H, ANTON SAEFUL HIDAYAT, S.H, ANDREAS DANIEL L. A. SITUMEANG, S.H, ART TRA GUSTI, S.H., CLA, NEYSA MYANDA, S.H., dan GIDEON DWI PAMUNGKAS, S.H, Pengadilan tersebut, melalui Majelis Hakim yang 
dipimpin oleh Omori Rotama Sitorus, S.H., M.H,  Maharani Debora Manullang, S.H., M.H dan Immanuel Marganda Putra Sirait, S.H., M.H., selaku Hakim Anggota, dalam amar Putusan Sela antara lain menyebutkan, 1. Menolak Eksepsi T1 dan T2 mengenai kompetensi relatif; 2. Pengadilan Negeri Rengat berwenang memeriksa dan mengadili perkara; dan 3.Melanjutkan pemeriksaan pokok perkara.

Sidang dihadiri oleh para pihak. Adapun pihak yang hadir. Dari pihak Penggugat diwakili Kuasa Hukum dari LBH Korek:  Ucok Rolando P. Tamba, SH , MH dan Dahman Sinaga S.H berikut  prinsipal yaitu Paijan dan Basirun Ketua DPW LSM Korek selaku kuasa dari warga 4 (empat) Desa di 2 (dua) Kecamatan INHU (Desa Belimbing, Desa Ringin di wilayah Kecamatan Batang Gangsal, Desa Kelesa dan Kelurahan Pangkalan Kasai di wilayah Kecamatan Seberida), Inhu.

Sementara pihak Tergugat,  dari 8 (delapan) Tergugat dan 1 (satu) Turut Tergugat, yang hadir hanya Tergugat I  (PT. Kencana Amal Tani/KAT), Tergugat II (Pemkab INHU) dan Tergugat IV (Camat Seberida). Sesudah Majelis Hakim membacakan Putusan Sela, sidang akan dilanjutkan dengan agenda Duplik.

Seusai persidangan Ucok Rolando Parulian Tamba,S.H.,M.H. menyatakan: "Hadiah untuk Rakyat Tani di Kabupaten Inhu, Riau dalam perayaan Hari Tani Nasional 24 September 2020 hari ini adalah pembacaan Putusan Sela hari ini dalam perkara gugatan perdata tuntutan "tanah Rakjat"  sebagai hadiah bagi Rakjat Tani dalam merayakan Hari Tani, 24 September 2020. Kita masih menang 1/2 untuk hari ini, dan hari-hari esok kemenangan kita haruslah PENUH, bulat semangat KITA,  menangkan HAK RAKYAT."

Dikatakan oleh Dahman Sinaga, "Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dalam Putusan Sela ini kami dimenangkan, saya melihat Majelis Hakim hari ini cukup objektif, hal mana dalam pertimbangan hukumnya pada pokoknya menyatakan sependapat dengan dalil Penggugat yang memang memiliki landasan hukum yang kuat, namun saya harap sikap objektif, arif bijaksana akan terus terjadi sampai dengan perkara ini diputus dalam Putusan akhir sehingga putusannya benar - benar mencerminkan rasa keadilan," ungkap SDahman Sinaga, S.H.

Disisi lain Ucok dan Dahman tetap mengingatkan rakyat yang mereka advokasi untuk tidak terbuai dengan kemenangan awal ini tetapi harus tetap solid dan tetap kompak mengawal perjuangan ini hingga rakyat berhasil dan benar-benar mendapat haknya atas plasma sawit tersebut.

Ditempat terpisah Kaddapi pane selaku ketua Umum LSM-KOREK (Komunitas Ekonomi Rakyat Kecil) dan Toto Sulaiman selaku Dewan Suro LSM Korek menyampaikan akan ada rencana aksi solidaritas dari kami dalam rangka memperjuangkan tanah hak rakyat. (Y CHS/Rls- MDP-KHDS).