Pencarian Berita


Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sumedang H.Erwan Setiawan Buka Kegiatan Masyarakat Saka Bakti Husada

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sumedang H.Erwan Setiawan Buka Kegiatan Masyarakat Saka Bakti Husada

Sumedang -- Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sumedang sekaligus sebagai  Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan secara resmi membuka kegiatan penguatan kelompok masyarakat pangkalan/gugus depan Saka Bakti Husada di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Kamis (17/9).


Kegiatan yang diinisiasi oleh dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang ini diikuti oleh 80 peserta perwakilan anggota pramuka di tiga kecamatan yakni Kecamatan Tanjungsari, Kecamatan Cimanggung dan kecamatan Jatinangor.


Erwan mengatakan, bahwa tujuan pembentukan saka bakti husada adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan sebagai  kader penggerak pembangunan di bidang kesehatan.


Erwan lebih lanjut menyampaikan, ditengah situasi pandemi saat ini, saka bakti husada harus mampu menjadi garda terdepan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat  khususnya penerapan protokol kesehatan melalui 4 M dalam penanggulangan covid-19.


"Saya berharap dilaksanakannya saka bakti husada ini bisa lebih meningkatkan kewaspadaan kita terhadap pandemi covid-19 dan lebih mensosialisasikan 4 M di masa AKB kepada masyarakat," ungkap Wabup saat diwawancara.


Kaitan hal itu, ia menghimbau dinas kesehatan sebagai leading sektor saka bakti husada memiliki rencana kerja kedepan yang berkesinambungan, baik berupa kursus atau pelatihan agar para peserta menguasai materi di bidang kesehatan.


"Tidak berhenti sampai disini, tetapi kedepannya harus ada pembinaan instruktur saka bakti husada melalui kursus mahir dasar (KMD) dengan peserta dari tiap puskesmas dan pelatihan instruktur bagi pembina pramuka" tuturnya.

Kepala bidang Kesehatan pada Dinas Kesehatan masyarakat Nia mengatakan pertemuan SBH kali ini bertujuan untuk mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). Walaupun sebelumnya pernah dilakukan, namun jangkauannya tidak terlalu luas.


"Tahun 2017  dan 2018 kami sudah melakukan sosialisasi Germas tapi jangkauannya belum terlalu luas,baru kali ini kami melakukan ke SBH di wilayah Jatinangor meliputi 4 puskesmas, sawah dadap Tanjungsari dan Cimanggung,"ujarnya.(Riks )


Dalam pelaksanaan sosialisasi Germas, sambung Nia, pihaknya telah bekerjasama dengan Pramuka Kwarcab Sumedang. Karena menurutnya ada keterkaitan program yang harus dipromosikan oleh seluruh elemen termasuk melalui organisasi kemasyarakatan.

"Kami tidak bekerja sendiri karena ada keterkaitan program yang harus disosialisasukan" tuturnya.


Lebih lanjut Eni mengatakan, target dari pertemuan ini para peserta diharapkan dapat mengedukasi di tempatnya masing-masing. Sehingga dengan adanya promosi germas dapat menekan penyakit tidak menular dan penyakit menular khususnya  penyebaran covid-19.(riks)