Pencarian Berita


Polres Tanjung Balai Bersama TNI dan Pemko Tanjung Balai Gelar Ops Yustisi Patuhi Prokes Covid-19

Polres Tanjung Balai Bersama TNI dan Pemko Tanjung Balai Gelar Ops Yustisi Patuhi Prokes Covid-19

TANJUNG BALAI -- Guna pendisiplinan mencegah penyebaran virus Covid-19 terhadap warga masyarakat Kota Tanjung Balai tidak semakin meluas, Polres Tanjung Balai bersama TNI & Pemko Tanjung Balai melaksanakan Ops Yustisi agar mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

 

Ops Yustisi tersebut dilaksanakan pada hari, Senin (14/9/2020) pagi pukul 10.00 Wib, berupa pelaksanakan kegiatan himbauan dan pendisiplinan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pencegahan/penyebaran Covid-19.

 

Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH kepada wartawan mengatakan, dilaksanakan Ops Yustisi yakni dengan melakukan tindakan/teguran berupa surat teguran tertulis kepada masyarakat Kota Tanjung Balai yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

 

Lanjut orang nomor satu di Mapolres Tanjung Balai ini, kegiatan dilakukan berdasarkan Surat Perintah Kapolres Tanjung Balai Nomor : Sprin/1127/IX/OPS.2./2020 tanggal 14 September 2020.

 

Dalam pelaksanaan sambung Kapolres, giat dipimpin oleh Penjab Iptu R. Sinaga, SH (Kapolsek Datuk Bandar Polres Tanjungbalai), didampingi dan diikuti oleh Padal Iptu M. Tanjung, Personil Polres Tanjungbalai yang berjumlah 30 orang, Personil TNI sebanyak 3 orang, Personil Dishub Pemko Tanjungbalai berjumlah 10 orang dan Personil Satpol PP berjumlah 10 orang.

 

Sebelumnya giat di awali dengan pelaksanaan Apel yang di pimpin oleh Penjab Iptu R. Sinaga (Kapolsek Datuk Bandar Polres Tanjung Balai). Dalam arahanya Penjab menyampaikan ucapan terima kasih kepada Personil TNI-Polri dan petugas dari Pemko Tanjung Balai atas kehadirannya untuk laksanakan kegiatan Ops Yustisi.

 

Dibeberkan Kapokres, tujuan kegiatan ini yaitu untuk mendisiplinkan masyarakat Kota Tanjung Balai agar dapat mematuhi Prokes Covid-19 di tempat-tenpat keramaian dan tempat berkunjungnya masyarakat.

 

Dalam pelaksnaan tugas harus mengutamakan Keselamatan. Pada saat pelaksanaan kegiatan harus dengan Humanis dengan cara 3 S (Senyum, Sapa dan Salam)

 

Kegiatan Ops Yustisi ini bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat Kota Tanjung Balai agar mematuhi Prokes Covid-19 dan memberikan surat teguran kepada masyarakat yang tidak mematuhi Prokes Covid-19.

 

"Pendisiplinan dilakukan diantaranya Memberi himbauan dan teguran bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker, Memberikan himbauan dan teguran kepada masyarakat yang tidak menerapkan Physical Distancing (Jaga Jarak). Memberikan himbauan dan teguran kepada pengusahan/pemilik toko yang tidak menyediakan Wastafel dan sabun cuci tangan. Pemantauan terhadap kapasitas jumlah pengunjung di Cafe, Rumah makan, Warung, Super Market, tempat hiburan, warnet dan tempat keramaian lainnya," terang Kapolres.

 

Adapun lokasi pelaks giat Ops Yustisi, sebagai betikut, Loket Bus KUPJ Tour Jln. Jend. Sudirman Kota Tanjung Balai, Toko Yang Ponsel Jln. S. Parman Kota Tanjungbalai.

 

Adapun hasil dalam giat Ops Yustisi, Surat teguran pelanggaran Operasi Yustisi diberikan kepada masyarakat Kota Tanjungbalai yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sebanyak 22 lembar.

 

Dalam giat menggunakan ranmor 2 unit Mobil Patroli Sat Sabhara Polres Tanjung Balai, 1 unit Mobil Patroli Sat Lantas Polres Tanjung Balai, 1 Unit Mobil Dinas Pomal TBA, 1 Unit Mobil Patroli Sat Pol PP Kota Tanjung Balai, 1 Unit Mobil Dishub Pemko Tanjung Balai.(anto)