Pencarian Berita


Dukcapil Halsel Launching Penerapan Go-Digital Dan Inovasi Pelayanan Adminduk

Dukcapil Halsel Launching Penerapan Go-Digital Dan Inovasi Pelayanan Adminduk

LABUHA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Halmahera Selatan menggelar acara Launching penerapan Go-Digital dan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk)  di Canga Matau Kebun Karet. Kamis, 6 Agustus 2020.

Penerapan Dukcapil Go-Digital  di Launching langsung oleh Sekretaris Daerah Helmi Surya Botutihe. Dalam sambutannya Sekda mengungkapkan, penerapan Dukcapil Go-Digital merupakan peningkatan efektivitas kinerja Dinas Dukcapil dalam memberikan pelayanan dokumen kependudukan.

"Adanya penerapan Dukcapil Go digital maka akan lebih mempermudah masyarakaat Halsel dalam mengurus dokumen kependudukan", ungkapnya.

Dengan ini, masyarakat dapat membuat sendiri Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Dokumen Kependudukan lainnya dari rumah masing-masing, dengan memanfaatkan perangkat yang dimiliki (laptop/ handphone) tanpa harus datang ke Dinas Dukcapil.

"Dukcapil Go digital ini juga bisa di akses oleh seluruh masyarakat Halsel dengan adanya pembangunan jaringan 4G di seluruh Desa yang berada di Halsel", tambanya.

Kadis Dukcapil, Saban Ali dalam sambutannya  menyampaikan bahwa pelayanan administrasi kependudukan secara daring / online ini sudah dilakukan sejak bulan April hanya saja baru diresmikan Agustus ini.

Saban Ali menjelaskan Dukcapil Go Digital merupakan transformasi awal dibidang administrasi kependudukan yaitu dengan diterbitkannya kartu keluarga dan akta kelahiran yang semula ditandatangani dan distempel basah oleh Kepala Dinas, sekarang telah ditandatangani secara elektronik, sehingga dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun.

"Blanko yang digunakan untuk mencetak dokumen pun sudah bisa menggunakan kertas agar mempermudah masyarakat mencetak dokumen kependudukannya secara mandiri", jelasnya.

Kadis Saban Ali juga mengatakan bahwa Dinas Dukcapil akan melakukan kerjasama dengan Beberapa Dinas diantaranya BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kominfo terkait Pemanfaatan  Data kependudukan.

"Hal ini akan memberikan hak askes data kependudukan kepada Dinas terkait dengan batas-batas tertentu sesuai perjanjian kerjasama dengan Dinas Dukcapil", katanya.

Diakhir acara dilakukan penandatanganan kerjasama antara Dinas Dukcapil bersama Dinas terkait.

Turut hadir dalam acara Mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Labuha, Mewakili Ketua Pengadilan Negeri Labuha, Mewakili Ketua Pengadilan Negeri Agama, Kepala Kantor Kemenag,  Sejumlah Pimpinan SKPD dan perwakilan. (LS).