Pencarian Berita


Kapolresta Tasikmalaya,Ziarah Ke Makam Mantan Kapolri Jelang Hut Bayangkara Ke 74

Kapolresta Tasikmalaya,Ziarah Ke Makam Mantan Kapolri Jelang Hut Bayangkara Ke 74

TASIKMALAYA -- Menyambut HUT Bhayangkara ke 74 yang jatuh pada 1 Juli 2020, Polresta Tasikmalaya melakukan ziarah rombongan ke  Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumah Bangsa Kroweng, di Jalan Sapta Marga, Kota Tasikmalaya, Senin (29/6/2020).

Ziarah rombongan ini sebagai bentuk penghormatan Polri kepada para pahlawan yang berjasa kepada Bangsa dan Negara. Selain itu, kegiatan ziarah bertujuan untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan atas jasanya yang tulus dan ikhlas.

Berjuang membela Bangsa dan Negara yang patut di contoh sebagai suri tauladan bagi insan Bhayangkara, dalam bertugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Selain itu Kapolresta Tasikmalaya AKBP. Anom Karibianto bersama jajaran juga memberikan bantuan berupa paket sembako kepada pengurus TMP Kusuma Bangsa Kroweng.

Selanjutnya,Kapolres dan rombongan melanjutkan ziarah ke makam mantan Kapolri, Almarhum Jenderal (Purn) Banurusman Astrosemitro di Kawalu, Kota Tasikmalaya. Kakak almarhuma, Hj. Mamah ikut mendampingi dalam ziarah tersebut.

"Dalam giat memperingati HUT ke 74 Bhayangkara ini, salah satunya kami melakukan upacara ziarah dan tabur bunga ke TMP Kusumah Bangsa dan makam mantan Kapolri," kata AKBP. Anom Karibianto.

Menurutnya, ziarah ke TMP dan ke makam Jenderal Banurusman menjadi agenda Polri setiap tahunnya, khususnya Polresta Tasikmalaya setiap peringatan hari jadi Polri. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang jasa-jasa Jenderal Banurusman, juga untuk mengingatkan agar personel Polri berlaku seperti Jenderal Banurusman.

"Sebagaimana diketahui almarhum merupakan mantan Kapolri yang juga sesepuh kita. Sehingga sepatutnya kita memberikan penghormatan kepada almarhum. Banyak hal positif dari beliau yang patut menjadi tauladan bagi anggota Polri,"kata Anom.

Lanjut Anom, almarhum Jenderal Banurusman menjabat Kapolri periode 1993-1996. Beliau wafat di rumah sakit dan dimakamkan di Kawalu, Kota Tasikmalaya yang merupakan kampung halamannya.

Adapun dalam HUT ke 74 Bhayangkara kali ini, karena berbarengan dengan kondisi pandemi covid 19 maka peringatan hanya dilakukan secara sederhana. Peringatan Bhayangkara hanya diisi dengan kegiatan sosial seperti pembagian bantuan, dan mengajak masyarakat untuk produktif.

Di tengah pandemi ini, selain Polri menjaga Kamtibmas kondusif juga mengajak masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan dengan lebih produktif, ungkapnya.(rendi b)