Pencarian Berita


Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Pastikan Seluruh Siswa Lulusan SD/SMP Lanjutkan Pendidikan

Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Pastikan Seluruh Siswa Lulusan SD/SMP Lanjutkan Pendidikan

SUMEDANG – Ketika disambangi Indofakta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Agus Wahidin diruang kerjanya ,Kamis (25/6) menyampaikan ‘ – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 di lingkungan Kabupaten Sumedang, menggunakan online dan ofline.

Agus Wahidin menuturkan bahwa PPDB 2020 di Kabupaten Sumedang,dimulai tanggal 22 sampai tanggal 30,Khusus untuk lulusan SMP dikaji silang karna setiap anak diberi dua pilihan  1 dan 2 ,PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru )  secara spesifik diatur ,tetap dilakukan pihak sekolah asal tersebut,sehingga anak-anak tidak berkerumun dimasa Covid 19 dan tidak berkeliaran.

Orang tua siswa pun diminta untuk tidak datang ke sekolah untuk mendaftarkan anaknya guna menekan angka penyebaran Covid-19.

"Untuk PPDB tahun ajaran 2020-2021 di Kabupaten Sumedang masih mengacu ke Permendikbud nomor 44 tahun 2019, dan Dinas Pendidikan telah  mengeluarkan petunjuk teknis melalui Keputusan Kepala Dinas Nomor 422/2020,ujarnya.

Petunjuk teknis tersebut dikeluarkan untuk tingkat PAUD, SD dan SMP. Dalam aturan PPDB 2020 itu tidak ada orangtua yang mengurus pendaftaran ke sekolah.

Agus menambahkan” Ha ini sudah menjadi tanggungjawab para guru dan kepala sekolah asal sekolah anak, kecuali untuk anak-anak yang akan masuk PAUD itu boleh sama orang tua,  lingkupnya di desa masing-masing.

Agus “memastikan bahwa seluruh siswa lulusan sekolah dasar (SD) di Sumedang bisa melanjutkan pendidikannya di jenjang sekolah menengah pertama (SMP)dan untuk lulusan SMP tetap memberlakukan Zonasi antara lain; 50 % dari tampung sekolah ,Appirmasi 15%  dan untuk tenaga Pendidik dan kependidikan  maximal 5% dan sisanya  jalur prestasi.

“Alhamdulillah, sejauh ini yang saya pantau proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sumedang lancar,menurutnya 100 persen siswa lulusan sekolah dasar (SD )  di Sumedang melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP.

“Saya dan jajaran di Disdik Sumedang berkomitmen bahwa semua lulusan SD melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,  ke SMP, Pesanten, maupun Tsanawiyah,itu yang sedang saya pertaruhkan.

Agus Lebih lanjut, menuturkan, hal ini  merupakan target saya sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan seluruh jajaran Dinas Pendidikan Sumedang,dan jumlah kelulusan Tingkat Sekolah Dasar ( SD ) sebanyak 16. 933 orang dan untuk tingkat SMP sederajat sebanyak 14 123 orang.

Agus” menambahkan, hingga saat ini pihaknya telah membentuk dan menugaskan 13 tim untuk terjun kelapangan dan menyisir siswa yang tidak melanjutkan sekolah saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Ke-13 tim ini, akan bertugas untuk memastikan tiga hal,antara lain;
1.Memastikan PPDB berjalan lancar.
2.Memastikan bahwa semua anak lulusan SD melanjutkan ke jenjang SMP sederajat.
3.Mendata byname/by adres anak yang lulus SMP sederajat yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi ,untuk kemudian ditindak lanjutin  dan diarahkan mengikuti program Paket C. “ ujarnya.( Riks )