Pencarian Berita


Tak Kantongi Hasil Rapid Test, 17 Warga Di Pulangkan Ke Daerah Asal

Tak Kantongi Hasil Rapid Test, 17 Warga Di Pulangkan Ke Daerah Asal

LABUHA - Tim Satuan Gugus Tugas ?Satgas?Penanganan dan Percapatan Covid-19 Kabupaten Halmahera Selatan ?Halse), Selasa (9/6) malam ini memulangkan 17 warga yang baru  tiba di Bacan pagi tadi di Pelabuhan Babang, karena tidak mengantongi surat keterangan hasil rapid test.

Diketahui sebelumnya, pada Senin 8 Juni 2020, tim gugus tugas covid 19 Halsel, telah memulangkan sekitar 50 warga yang tiba di Bacan tanpa dilengkapi surat rapid test.

Pemulangan 17 warga ini dilakukan karena sesuai dengan edaran yang dikeluarkan oleh tim Satgas covid Halsel, dimana penumpang asal Kota Ternate tujuan Bacan harus memiliki hasil rapid test saat tiba di Halsel.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Covid-19 Halsel, Daud Djubedi, menyampaikan pihaknya terpaksa memulangkan 17 warga tersebut ke Ternate karena tidak mengantongi hasil rapid test non reaktif dari petugas kesehatan setempat.

"Saat tiba di Pelabuhan pagi tadi, 17 penumpang tersebut langsung diamankan dan dibawah ke Posko Satgas Covid-19 di aula Kantor Bupati Halsel," ujar Daud.

Daud menyampaikan bahwa sebagian besar warga yang diamankan itu, berstatus ASN yang bekerja di sejumlah SKPD lingkup Pemkab Halsel, namun mereka memiliki KTP Kota Ternate.

"Ada 17 warga ber KTP Ternate, yang nanti malam akan dipulangkan dengan menggunakan dana pribadi, karena mereka tidak bisa menunjukkan bukti surat keterangan hasil rapid test non reaktif sebagai prasyaratan warga dari daerah zona merah, masuk ke wilayah Halsel," jelasnya

Kebijakan ini dilakukan kata Daud, karena Pemerintah menginginkan agar setiap orang yang masuk ke daerah ini benar-benar bebas dari virus  Covid-19.

"Langkah ini untuk mencegah angka penularan di Bumi Saruma. Jadi bagi warga luar yang bukan ber-KTP Halsel yang akan berencana datang ke Bacan, harus memiliki surat keterangan hasil rapid test non reaktif jika tidak, maka tetap akan dipulangkan ke daerah asal," tegasnya. (LS)