Pencarian Berita


Warga Toba Terima BLT Dana Desa Tahap I

Warga Toba Terima BLT Dana Desa Tahap I

BALIGE -- Sebanyak 69 kepala keluarga (KK) warga Desa Hinalang Bagasan terima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun anggaran 2020 untuk tahap I, di Kantor Kepala Desa Hinalang Bagasan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Jumat (29/5/2020).

Kepala desa Hinalang Bagasan, Andi Siahaan dalam laporannya menyampaikan penyaluran bantuan dipercepat dari jadwal yang ditentukan guna antisipasi keluhan dan desakan warga.

"Saya bermohon kepala kadis agar segera disalurkan walau belum sesuai jadwal. Desakan warga sudah diwujudkan jadi tidak perlu  membully di medsos. Mudah-mudahan bantuan ini dapat digunakan untuk membeli sembako bukan untuk berfoya-foya karena bantuan pemerintah ini sifatnya membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana Covid-19", harapnya.

Kepala Dinas PMDPA Kabupaten Toba, Henry Sialalahi, sebelum menyerahkan bantuan secara simbolik menjelaskan sistem dan penyaringan yang disampaikan kepada pemerintah desa secara khusus BLT DD bagi yang berdampak Covid-19 dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari.

"Mari kita syukuri apa yg diberikan pemerintah dengan tetap menjaga kesehatan. Proses melalui alur pendataan dimulai dari tingkat berbasis dusun, maka janganlah membuat kesimpulan stigma negatif kepada pemerintah, kami tetap berusaha agar masyarakat dapat menerima bantuan", terangnya.

Dari daftar penerima BLT DD saat itu yang dinilai sangat realistis, lanjutnya, Desa Hinalang Bagasan dengan penduduk terpadat di Kecamatan Balige saat ini berjumlah 622 Kepala  dengan rincian 247 KK di Dusun I, Dusun II (217) dan Dusun III (158).

Data penerima bantuan sebanyak 302 KK secara terperinci disebutkan, PKH (7), BNPT (17), Perluasan (14), BNI (6), BRI (2), BST Pos (187) dan BLT Desa (69).

Yang tidak menerima bantuan yakni aparat desa (10), pensiunan (45), ASN (252) dan yang tidak terdaftar (13).

"Kami berharap kita harus bisa menjaga diri kita sendiri dengan mematuhi aturan pemerintah sesuai protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan, jaga jarak, jangan berkerumun dan pakai masker.
Kami harap bantuan ini dapat digunakan untuk kebutuhan keluarga", pungkasnya.(anto)