Pencarian Berita


Cawabup, Yayan : Banjir Bisa Dihindari

Cawabup, Yayan :  Banjir Bisa Dihindari

Karawang -  Bakal calon wakil bupati Karawang 2020, Yayan Mulyana, mengataka, banjir yang diakibatkan meluapnya aliran sungai dan curah hujan yang tinggi, bisa dihindari. Hal ini, jika pembangunan diimbangan dengan penyedian lahan terbuka, yang nantinya menjadi daerah resapan.
              

Kini sungai sungai, sudah tidak mampu lagi, menampung luapan air. Akibat terjadinya luapan tadi, maka air merendam bangunan, yang sebelumnya merupakan daerah resapan.
              

Menurutnya, meluapnya air juga, akibat telah terjadinya pendangkalan pada sungai sungai tersebut. Makanya guna menghindari banjir tersebut, harus dilakukan normalisasi sungai.
           

Banjir itu juga, kata Yayan, akibat ulah manusia, dimana sungai telah dijadikan, bak pembuangan sampah. Maka guna menghindari menyumbatan aliran tersebut, masyarakat dilarang membuang sampah sembarang pada aliran sungai.
           

Dalam hal ini, kata Yayan, terjadinya bencana banjir juga, akibat korporasi penambangan dan pembalan. Padahal, daerah daerah tersebut merupakan kawasan resapan air.
           

Kemudian terjadinya genangan air di perkotaan atau sentra keramaian, tampaknya harus diperbaiki, sistem drainasenya. " Bayangkan akibat hujan lebih dari satu jam saja, mengakibatkan banjir " ujarnya.
           

Guna menghindari banjir tadi, kata Yayan, harus ada keseriusan dari para pemimpin, dalam melakukan perencanaan tata kelola pembangunan yang diimbangi dengan  penyediaan lahan terbuka. " Dalam menghindari banjir juga, diperlukan partisipasi dari masyarakat," kata Yayan, baru baru ini lewat pesan singkatnya.
             

Banjir yang terjadi secara masiv, kata Yayan, merupakan peristiwa sepuluh tahunan, dimana curah hujan cukup tinggi." Siklus ini kembali terjadi pada tahun 2020," pungkasnya. (Jay)